Sukses

Kunci Sukses Jonatan Christie Lolos ke Final Badminton Asia Championships 2024

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengungkapkan kunci sukses di balik keberhasilan mencapai final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengungkapkan kunci sukses di balik keberhasilan mencapai final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024. 

Jojo melaju ke final Badminton Asia Championships (BAC) 2024 setelah mengalahkan jagoan tuan rumah Shi Yu Qi 18-21, 21-19, 21-12 di Ningbo Olympic Sports Centre Gymnasium, Sabtu (13/4/2024) siang WIB.

"Di gim pertama saya sempat unggul. Di poin-poin akhir saya malah kurang tenang. Penggunaan strategi dan pukulan itu tidak sinkron. Di gim pertama dan gim kedua akhir, sedikit missed-nya di situ," kata Jonatan Christie.

"Pada gim kedua saat unggul 18-10, sempat kelihangan banyak angka itu bukan karena kehilangan fokus. Tetapi permainan Shi Yu Qi bermain jauh lebih rapi. Pertahanannya lebih rapat juga. Sehingga beberapa kali saya tidak sabar atau pengembaliannya yang tanggung."

"Di gim ketiga saya berusaha semaksimal mungkin dengan mengurangi kesalahan dulu. Saya juga lebih menekan dulu supaya lawan juga tertekan. Strategi ini berhasil," lanjutnya pada keterangan resmi PBSI.

Jojo akan menghadapi pemenang duel Kodai Naraoka (Jepang) vs Li Shi Feng (China) di final Badminton Asia Championship 2024 yang berlangsung besok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wakil Tersisa Indonesia di BAC 2024

Jojo jadi satu-satunya wakil tersisa Indonesia di BAC 2024. Sebelumnya tiga rekannya yakni tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kandas di perempat final.

"Puji Tuhan atas keberhasilan ini. Semua berkat bantuan Tuhan yang membuat saya bisa bermain dengan baik. Bisa bermain dengan enjoy. Bisa keluar dari tekanan dan senang pastinya dengan kemenangan ini," ungkap Jojo.

"Sebagai satu-satunya wakil Indonesia di semifinal, saya hanya mencoba mengurangi pikiran-pikiran seperti itu. Bohong lah kalau saya tidak terbebani. Namun, saya hanya berusaha mengurangi hal itu sehingga tidak mengganggu penampilan."

"Pastinya berharap yang terbaik tampil di final. Apa pun hasilnya saya sudah melakukan semaksimal yang bisa saya lakukan. Dan mohon doa dan dukungan dari teman-teman, dari masyarakat Indonesia, para suporter pecinta bulu tangkis Indonesia. Semoga besok bisa menghasilkan yang terbaik," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Rapor Bulu Tangkis Indonesia di 2024

Rapor bulu tangkis Indonesia menunjukkan peningkatan memasuki kuartal ketiga 2024. Setelah hanya merebut satu gelar pada dua bulan pertama BWF World Tour tahun ini, Merah Putih sukses menyabet enam trofi dari kompetisi yang berlangsung bulan lalu.

Tren tersebut diharapkan dapat berlanjut di BAC 2024. Sepanjang sejarahnya, Indonesia sudah merebut 34 medali emas pada ajang yang bergulir sejak 1964 tersebut.

Salah satunya dipersembahkan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini