Sukses

Ogah Direbut Ghana, Inggris Promosikan Wonderkid Manchester United ke Timnas Senior

Sepak terjang gelandang muda Manchester United Kobbie Mainoo mendapat pengakuan. Pemain berusia 18 tahun itu dipromosikan ke tim senior Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak terjang gelandang muda Manchester United Kobbie Mainoo mendapat pengakuan. Pemain berusia 18 tahun itu dipromosikan ke tim senior Inggris.

Mainoo sebelumnya masuk timnas U-21 Inggris. Namun, pelatih timnas senior Gareth Southgate merekrutnya untuk dua laga persahabatan melawan Brasil, Sabtu (23/3/2024), dan Belgia, Selasa (26/3/2024) di Wembley.

ESPN melaporkan, Southgate terkesima melihat kontribusi Mainoo yang jadi sinar saat Manchester United mengalami kesulitan musim ini. Dia melakoni 21 pertandingan di seluruh kompetisi dan menyumbang dua gol plus dua asisst.

Mainoo sebelumnya sudah merepresentasikan Inggris di tim U-17, U-18, dan U-19. Namun, dia juga bisa membela Ghana, negara asal kedua orang tua.

Dia diketahui masih kerap menghabiskan waktu di negara Afrika tersebut. Federasi Sepak Bola Ghana (GFA) pun mengakui sudah membujuk Mainoo untuk membela tim di level senior.

Tidak ingin kecolongan, Timnas Inggris akhirnya bergerak dan berpotensi memberi debut pada akhir bulan ini.

Berdasarkan aturan baru, pemain maksimal hanya boleh membela dua negara di level internasional. Dia boleh berpindah haluan asalkan hanya tampil maksimal tiga kali bagi tim pertama (kecuali di turnamen besar) dan dilakukan sebelum berusia 21 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manchester United Bakal Tawarkan Kontrak Baru ke Kobbie Mainoo

Kontribusi Mainoo meyakinkan manajemen Manchester United untuk kembali menyodorkan kontrak baru. Mainoo sebelumnya meneken perjanjian kerja di MU hingga 2027 pada Februari 2023.

Mainoo menunjukkan kematangan dalam permainan sejak promosi ke tim utama pada musim ini. Kiprah yang mengesankan telah membuatnya semakin vital bagi strategi permainan MU.

Pergerakan dalam negosiasi kontrak baru diharapkan akan terjadi pada musim panas mendatang. Meski begitu, Mainoo tetap fokus pada perkembangan permainan dan tetap rendah hati walau telah menjadi bagian penting dalam tim.

Ada pembicaraan tentang kenaikan gaji dalam kontrak baru Mainoo. MU juga berniat mencantumkan bonus kinerja dalam kontraknya saat ini, sehingga tidak ada tekanan bagi Mainoo untuk segera menandatangani kesepakatan baru.

3 dari 3 halaman

Bukti Sukses Akademi Manchester United

Kisah sukses Mainoo di MU menjadi bukti keberhasilan akademi klub, yang kerap melahirkan banyak pemain kelas dunia. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada manajer Erik ten Hag atas kesempatan yang diberikan padanya.

Dengan semangat berkembang dan dukungan dari manajer serta rekan satu tim, Mainoo percaya dapat terus mengembangkan karier sepak bolanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.