Sukses

Ingin Go Internasional, Persik Kediri Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan India

Klub Liga 1 Persik Kediri resmi menjalin relasi dengan perushaan India Skasports Investments Private Limited dalam misinya membangkitkan eksistensi di kawasan Asia. Kerja sama ini nantinya akan berfokus pada pengembangan di empat area utama yang dapat membawa Persik makin dilirik secara internasional.

Liputan6.com, Jakarta Klub Liga 1 Persik Kediri resmi menjalin relasi dengan perushaan India Skasports Investments Private Limited dalam misinya membangkitkan eksistensi di kawasan Asia.

Tim sepak bola yang dipimpin oleh selebritas Gading Marten sebagai presiden itu mulai menyiapkan jalan untuk mewujudkan ambisi mereka, salah satunya dengan memperluas jangkauan olahraga secara global melalui kemitraan strategis dengan Skasports.

Kebetulan Persik Kediri saat ini memang sedang berada dalam momentum cukup baik di kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air.

Klub berjuluk Macan Putih itu ikut memanaskan persaingan empat besar dengan menduduki peringkat 6 klasemen sementara Liga 1 dan hanya terpaut 3 poin dari Madura United yang ada di zona championship series.

Macan Putih yang pernah dua kali menjuarai Liga Indonesia pada 2003 dan 2006 juga sedang mempersiapkan diri untuk pindah ke stadion baru.

Di sana, Persik bisa memperoleh dukungan lebih luas dari suporter lantaran kandangnya memiliki kapasitas lebih besar, yakni mencapai 15.000 penonton, dan diperkirakan bisa ditempati mulai musim 2025/2026.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalin Kerja Sama di Empat Area Utama

Kerja sama Persik Kediri dengan Skaports pun tak ayal menambah kuat momentum klub menuju era kebangkitan. Terdapat setidaknya empat bidang yang akan menjadi fokus Macan Putih untuk ditingkatkan lewat kemitraan jangka panjang barunya dengan perusahaan India.

Keempat ranah yang dimaksud meliputi pengembangan aset digital Persik Kediri, kerja sama bidang komersial dan infrastruktur olahraga, pengembangan nilai olahraga Persik Kediri, hingga pengembangan pemain usia muda di klub.

Sebagai gambaran, Skasports sendiri cukup berpengalaman dalam hal memberi bantuan serta dorongan bagi pengembangan bisnis olahraga. Perusahaan tersebut pernah mengambil peran menciptakan sentuhan profesional pada Chennai Football Club di India serta turut mengakuisi saham tim Liga Premier Kamboja Angkor Tiger FC yang berbasis di Siem Reap.

3 dari 3 halaman

Didukung Duta Besar India di Indonesiaa

Duta besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty ikut mendukung lahirnya kemitraan antara Skasports Investments dengan Persik Kediri.

Ia melihat potensi besar untuk mempererat hubungan India dan Indonesia lewat kerja sama ini, mengingat Kediri selaku basecamp Persik juga punya unsur budaya dan sejarah Hindu yang kental.

Selaras dengan hal itu, Kapten Persik Kediri Arthur Irawan menilai kehadiran Skasports bisa membantu dia dan rekan-rekannya dikenal lebih luas secara internasional. Macan Putih juga diyakini mampu menjadi lebih eksis di panggung Asia, apabila sanggup meningkatkan kualitas permainan di liga.

"Ketika berbicara tentang pengembangan klub Persik Kediri, kami berkomitmen untuk tidak melakukannya dengan setengah hati, baik aspek teknis juga bisnis. Kolaborasi kami dengan Skasports membuka berbagai peluang dalam pengembangan aspek bisnis, untuk mewujudkan target Persik Kediri agar dikenal secara internasional," ujarnya.

"Pemberitaan terkait Persik Kediri akan semakin terdengar di panggung Asia (berkat kemitraan bersama Skasports). Tentu saja untuk mencapai ini, (Persik) akan memerlukan kerja keras, terutama dalam meningkatkan kualitas permainan kami di kompetisi Liga Indonesia," tandas Arthur Irawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.