Sukses

Barcelona Bidik Eks Pelatih Manchester United Jadi Suksesor Xavi Hernandez

Barcelona konon tertarik merekrut eks pelatih interim Manchester United (MU) Ralf Rangnick sebagai suksesor Xavi Hernandez di klub.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Barcelona dalam proses pencarian manajer baru jelang kampanye 2024/2025. Klub raksasa LaLiga konon tertarik merekrut eks pelatih interim Manchester United (MU) Ralf Rangnick sebagai suksesor Xavi Hernandez di klub.

Sebagaiama diketahui, Blaugrana memang dipaksa menebar radar guna menemukan sosok anyar yang mampu memimpin skuad raksasa Catalan musim depan. Langkah ini harus diambil lantaran Xavi Hernandez sudah mengumumkan rencana pengunduran dirinya pada pengujung musim.

Sejumlah nama beken sempat dikaitkan dengan kursi panas Barcelona pasca merebaknya kabar soal kepergian pelatih berusia 44 tahun tersebut. Jurgen Klopp digadang-gadang sebagai kandidat potensial, mengingat dia juga bakal menganggur di akhir kampanye 2023/2024.

Pelatih tim raksasa Liga Inggris Arsenal turut dihubung-hubungkan dengan lowongan manajer Barcelona. Mikel Arteta disinyalir hendak kembali ke klub masa kecilnya, meski dia belum lama ini menegaskan komitmen untuk tetap menukangi The Gunners.

Teranyar, muncul kandidat baru yang diminati Barcelona untuk menjadi penerus Xavi Hernandez di Spanyol. Laporan Metro menyebut tim raksasa Catalan tertarik pada prospek merekrut Rangnick sebagai juru taktik baru Blaugrana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Joan Laporta Favoritkan Ralf Rangnick

Kebetulan, Presiden Barcelona Joan Laporta punya kesan bagus terhadap Ralf Rangnick. Dia konon merupakan penggemar berat pelatih Jerman, sehingga nama Rangnick kini dimasukkan dalam daftar kandidat pengganti potensial Xavi di Barca.

Padahal, kiprah Rangnick di Manchester United sejatinya tidak terlalu memuaskan. Juru taktik berusia 65 tahun hanya sebentar menukangi Setan Merah, sebelum posisinya digusur oleh Erik ten Hag yang memang didapuk menjadi pengganti permanen Ole Gunnar Solskjaer.

Metro mencatat Rangnick cuma berhasil mengumpulkan 11 kemenangan dari total 29 pertandingan yang dia mainkan bersama MU. Kinerjanya juga menuai tanda tanya, termasuk dari megabintang Cristiano Ronaldo yang mengaku belum pernah mendengar soal Rangnick sebelum kedatangannya di Old Trafford.

3 dari 4 halaman

Sedang Melatih di Timnas Austria

Adapun Ralf Rangnick sejatinya sempat diberi kesempatan untuk lanjut berkarier bersama Manchester United. Ia digadang-gadang bakal menjadi konsultan di klub saat kedatangan Erik ten Hag sebagai juru taktik anyar.

Sayangnya kesempatan itu ditolak oleh pelatih Jerman. Dia jutru memilih mengambil pekerjaan pelatih di Timnas Austria. Rangnick pun saat ini tengah berupaya mempersiapkan tim untuk tampil dalam ajang Euro 2024. Alhasil Barcelona harus kerja keras jika ingin merayunya pindah ke LaLiga.

4 dari 4 halaman

Posisi Barcelona di LaLiga 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.