Sukses

Penyebab Ten Hag Menyerah Menyelamatkan Van de Beek di Manchester United

Van de Beek baru saja dipinjamkan Manchester United ke Frankfurt setelah tak mampu menembus tim utama.

Liputan6.com, Jakarta- Karier gelandang Donny van de Beek di Manchester United mendekati akhir. Pria Belanda itu telah dipinjamkan MU ke klub Bundesliga, Eintracht Frankfurt, selama enam bulan dengan opsi kepemilikan permanen musim panas nanti.

Donny van de Beek dibuang MU setelah tak sukses selama bermain di Old Trafford. Sejak dibeli dari Ajax Amsterdam pada tahun 2020, Van de Beek cuma bisa membuat dua gol dan dua assists dalam 62 penampilan di berbagai ajang.

Kinerja Van de Beek di MU begitu memprihatinkan. Berbanding terbalik dengan apa yang dibuatnya sewaktu bermain di Ajax. Disana, Van de Beek membuat 41 gol dan 32 assists dari 175 pertandingan.

Nasib Van de Beek di MU juga tidak berubah meski Erik ten Hag sudah menjadi manajer Setan Merah sejak musim panas 2022. Ten Hag merupakan sosok pelatih yang mengorbitkan Van de Beek ketika masih memoles Ajax.

Pada musim 2023/2024 ini saja, Van de Beek cuma dimainkan Ten Hag 21 menit bersama MU. Lantas apa penyebab kegagalan Van de Beek di MU? Erik Ten Hag punya penjelasannya.

Menurut pelatih plontos ini, Van de Beek sial saja karena sering dihantam cedera sehingga permainannya tak berkembang di Inggris. Ten Hag merasa Van de Beek yang dilatihnya di MU berbeda dengan yang di Ajax akibat cedera yang dialami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Ten Hag Soal Kegagalan Van de Beek di MU

"Dia mengalami banyak cedera dan itu yang pertama. Saya sekarang telah bekerja dengannya selama dua tahun dan sebelumnya dia juga bekerja di bawah manajer yang berbeda di sini," kata Ten Hag kepada wartawan saat konferensi persnya sebelum pertandingan Piala FA melawan Wigan Athletic.

“Dia juga mendapat pinjaman ke klub lain. Sejak saya datang ke sini di MU, dia bukanlah pemain yang saya miliki di Ajax karena dia cedera dan sering kali dia tidak bisa bermain. Kemudian dia berjuang dalam waktu yang lama untuk pulih dari cederanya. Jadi saya pikir itu mungkin alasan utama mengapa dia tidak bermain," tutur Ten Hag.

3 dari 4 halaman

Van de Beek Tak Masuk Rencana Ten Hag Musim Ini

Perkembangan stagnan Van de beek inilah yang membuat Ten Hag memilih merekrut Christian Eriksen dan kemudian Mason Mount. Keduanya memiliki posisi bermain yang mirip dengan Van de Beek di lini tengah.

MU terpaksa melepas Van de Beek di Januari ini demi mengurangi beban gaji yang harus dikeluarkan. Mereka ingin menambah pemain di Januari 2024 sehingga harus mendepak beberapa pemain tak berguna terlebih dulu.

4 dari 4 halaman

Posisi Manchester United di Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini