Sukses

Hasil Japan Masters 2023: Gregoria Mariska Tunjung Raih Gelar Juara usai Hajar Jagoan China di Final

Liputan6.com, Jakarta Tunggal putri bulu tangkis Indonesia Gregoria Mariska Tunjung sukses menyabet gelar juara Japan Masters 2023. Atlet kelahiran 1999 itu menang dua game langsung dengan 21-12, 21-12 atas jagoan Chian Chen Yu Fei dalam pertarungan final yang dihelat di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Minggu (19/11/2023) pagi WIB.

Menilik jalannya laga, Gregoria memang tampil impresif sejak awal set pembuka. Wakil Indonesia tak kesulitan menciptakan keunggulan atas penggawa China, hingga mampu memimpin 11-5 di interval game pertama.

Gregoria pun terus tancap gas selepas jeda. Meski sempat kehilangan empat poin beruntun yang membuat perolehan poinnya makin dekat dengan Chen Yu Fei di kedudukan 15-11, tunggal putri Indonesia pada akhirnya berhasil menyudahi perlawanan dengan 21-12.

Skenario berbeda terjadi di awal game kedua. Chen Yu Fei mencoba memberikan perlawanan berarti dan ogah tertinggal terlalu jauh dari Gregoria. Wakil Indonesia bahkan dipaksa berada pada posisi 9-11 saat interval.

Gregoria baru bisa menyamakan poin menjadi 11-11 selepas jeda, sebelum memaksa laju angka Chen Yu Fei terhenti pada posisi 12-12. Di titik inilah tunggal putri Indonesia tampil tanpa basa-basi.

Gregoria Mariska Tunjung langsung tancap gas dengan mengoleksi tambahan 9 angka berturut-turut. Chen Yu Fei tak lagi bisa berkutik. Game kedua berakhir dengan skor 21-12 yang memastikan gelar juara Japan Masters 2023 untuk wakil Merah Putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Amankan Satu Gelar Japan Masters 2023

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan mengamankan satu gelar dalam ajang Japan Masters 2023. Predikat tersebut sekaligus menjadi gelar satu-satunya yang diperoleh wakil Merah Putih, mengingat Gregoria Mariska Tunjung merupakan penggawa tunggal yang melaju ke babak final.

Sementara itu di nomor lain, China menguasai jalannya final Japan Masters 2023. Duel antara dua rekan senegara Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong vs Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping telah terjadi di partai pertama ganda campuran, dengan pasangan Zheng/Huang keluar sebagai pemenang.

Perang saudara antara sesama wakil China juga tersaji di nomor ganda putri dan ganda putra. Pasangan Liu Sheng Shu/Tan Ning harus berduel dengan Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Demikian pula dengan unggulan ketujuh Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi yang dipaksa saling sikut bersama kompatriotnya He Ji Ting/Ren Xiang Yu demi memperebutkan gelar.

Sementara itu, tunggal putra China Shi Yu Qi akan menutup partai kelima tunggal putra dengan menghadapi raksasa Denmark sekaligus pemegang predikat nomor satu dunia Viktor Axelsen.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Final Japan Masters 2023, Minggu 19 November 2023

Pertandingan 1: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Geng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China); 25-23,21-9

Pertandingan 2: Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia) vs Chen Yu Fei (China); 21-12, 21-12

Pertandingan 3: Liu Sheng Shu/Tan Ning (China) vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China)

Pertandingan 4: Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi vs He Ji Ting/Ren Xiang Yu (China)

Pertandingan 5: Viktor Axelsen (Denmark) vs Shi Yu Qi (China)

 

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 09.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.