Sukses

Berkat Manchester United, Erling Haaland Pecahkan Rekor Dahsyat Premier League

Haaland menorehkan rekor yang cukup sulit untuk dilakukan berkat dua gol dan satu assist ke gawang MU di Old Trafford semalam.

Liputan6.com, Jakarta Erling Haaland menjadi bintang lapangan saat Manchester City menang telak 3-0 di kandang Manchester United pada lanjutan Liga Inggris atau Premier League musim 2023/2024. Haaland menjadi mimpi buruk MU dimana ketiga gol tercipta atas perannya.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Old Trafford tersebut, Erling Haaland mencetak dua gol dan satu assist untuk Phil Foden. Haaland membuka keunggulan City pada menit 26 melalui eksekusi penalti. Pria Norwegia itu dengan dingin memperdaya kiper Andre Onana yang sedang dalam kepercayaan diri tinggi karena baru saja menepis penalti pada arena Liga Champions pertengahan pekan kemarin.

Haaland kemudian menggandakan keunggulan City lewat sundulan mautnya di awal babak pertama. Haaland sebenarnya bisa mencetak hat-trick. Tapi eks pemain Borussia Dortmund itu tidak egois dan memilih mengumpankan bola kepada Foden guna memastikan kemenangan 3-0 City.

Raihan dua gol ke gawang MU ini membuat Haaland semakin berkibar di puncak top skor Liga Inggris. Haaland sudah mencetak 11 gol dari 10 laga musim inil. Dia unggul tiga gol dari Mohamed Salah dan Son Heung-min.

Gol-gol di Old Trafford juga membuat Haaland memecahkan rekor dahsyat di Premier League. Haaland menjadi pemain tercepat mencetak 20 gol pada laga tandang di Premier League. Haaland cuma butuh 23 pertandingan away untuk bisa mengoleksi 20 gol.

Haaland memecahkan rekor milik mesin gol Sunderland Kevin Phillips. Saat itu Phillips membutuhkan 28 pertandingan Premier League untuk bisa membuat 20 gol tandang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Haaland Samai Rekor Aguero

Selain itu, Haaland juga menyamai rekor milik legenda klub Sergio Aguero dalam hal jumlah gol dan assists terbanyak yang dibuat pemain City pada Derby Manchester di Premier League.

Haaland sudah berkontribusi atas terciptanya delapan gol pada Derby Manchester. Yang mencengangkan, Haaland baru main tiga kali di Derby Manchester pada ajang Premier League.

3 dari 4 halaman

Haaland Mengejar Rekor 3 Legenda MU

Untuk pemain yang paling sering berkontribusi atas terciptanya gol di Derby Manchester, Haaland butuh enam gol atau assists untuk memecahkan rekor terbanyak yang dipegang pemain MU Ryan Giggs. Haaland cuma terpaut satu saja dari legenda MU Wayne Rooney dan dua dari Eric Cantona.

"Luar biasa. Kemenangan yang fantastis. Pertandingan hari ini luar biasa, seluruh tim dan segalanya. Saya merasakannya sedikit, tekanan untuk penalti. Saya mendapat tekanan dan saya mencetak gol dan itu adalah perasaan yang fantastis. Itu adalah selebrasi yang bagus, untuk mereka berdua. Itu adalah pertandingan yang bagus. (Untuk gol ketiga) Saya melihat Phil sendirian jadi sesederhana itu," komentar Haaland usai laga kontra MU.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.