Sukses

Kebut Persiapan Timnas Indonesia U-17, Ketum PSSI Erick Thohir Konsultasi dengan Dennis Wise

PSSI mulai menggenjot pemilikan pemain jelang tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023.

Liputan6.com, Jakarta Federasi sepak bola Indonesia PSSI mulai bergerak berburu pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17 dalam ajang Piala Dunia U-17 2023 yang djadwalkan bergulir pada akhir tahun ini.

Skuad Merah Putih memang kebagian jatah untuk tampil dalam perhelatan bergengsi tesebut setelah Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah pengganti lantaran Peru dianggap tidak siap dari segi infrastruktur.

PSSI selaku federasi sepak bola dalam negeri pun mulai menggenjot seleksi pemain jelang Piala Dunia U-17 2023.

Tak hanya berencana melakukan penjaringan di 9 kota, mereka kini juga menumpang seleksi di program Garuda Select guna menemukan talenta-talenta terbaik bagi Timnas Indonesia U-17.

Sekadar informasi, Garuda Select adalah program pengembangan pemain hasil kerja sama dengan Mola. Agenda tersebut melibatkan Dennis Wise sebagai direktur teknik, dan telah berlangsung selama lima tahun.

Sebanyak 132 pemain diundang dari berbagai pelosok Tanah Air untuk mengikuti seleksi Garuda Select mulai Rabu (5/7/2023) hingga Jumat (7/7/2023) mendatang. Program ini dianggap telah memberi efek positif bagi sepak bola Indonesia.

Alhasi, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI berencana menyinkronkan Garuda Select dengan persiapan Timnas Indonesia U-17, sehingga ajang tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu sarana seleksi pemain jelang Piala Dunia U-17 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Komunikasi dengan Dennis Wise

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Dennis sebagai perwakilan Garuda Select.

Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu pun mengeklaim mereka telah bersepakat untuk menyelaraskan program Garuda Select dengan persiapan Garuda Asia.

Lebih lanjut Erick mengungkap, dirinya juga mendapat saran apik dari Dennis terkait pengembangan sepak bola dalam negeri. Dennis menganjurkan agar pembinaan pemain nantinya dapat dimulai dari U-14.

"Tadi saya sudah breakfast sama Denis dan Garuda Select. Intinya kita bersepakat untuk sinkronisasi program antara Garuda Select dengan persiapan U-17," tutur Erick saat ditemui awak media di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

"Tadi Dennis juga menyarankan, U-14 bagaimana bisa dipersiapkan lebih awal kalau kita mau punya timnas yang makin bagus. Memang inilah yang saya rasa kita harus terbuka dalam transformasi sepak bola."

"Jadi nanti, usulan dari Dennis mengenai U-14 akan kita diskusikan di PSSI, sehingga ini jadi keputusan yang bisa berkesinambungan antara U-14, U-17, U-20, dan lain-lain," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Tetap Lakukan Seleksi di 9 Kota

Kendati telah mulai menjaring pemain dari program Garuda Select, Erick Thohir mengeklaim pihaknya masih akan melanjutkan rencana seleksi di 9 kota di Indonesia. Hal ini dilakukan demi memperoleh lebih banyak opsi pemain jelang pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023.

"Makin banyak seleksi, makin bagus. Sudah pasti kita akan training camp tanggal 10 (Juli), di mana itu tim-tim yang sudah dipilih," papar Erick kepada awak media di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

"Nanti dari Garuda Select juga bisa join tranining camp di Eropa, tetapi kita juga tetap melihat di 9 kota lagi untuk bisa masuk ke TC di bulan Agustus, di session 2, dan sebelum nanti ke Eropa dua bulan yang benar-benar full team ke sana," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.