Sukses

Argentina Menang di Laga Pertama Piala Dunia U-20 2023, Indonesia yang Seharusnya di Sana

Argentina menggantikan posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 akibat adanya penolakan terhadap Israel.

Liputan6.com, Jakarta- Piala Dunia U-20 2023 sudah dimulai di Argentina pada Minggu (21/5/2023). Tuan rumah Argentina sukses memulai kiprahnya dengan baik. Tim Tango U-20 sukses mengalahkan Uzbekistan di Grup A.

Satu pertandingan lainnya di grup A Piala Dunia U-20 2023 mempertemukan Selandia Baru yang mengalahkan Guatemala dengan skor tipis 1-0. Dengan hasil-hasil ini maka timnas Argentina sementara memimpin Grup A.

Jika Piala Dunia U-20 tidak dibatalkan FIFA penyelenggaraan di Indonesia, seharusnya Marselino Ferdinan dan kawan-kawan yang akan menjajal pemain-pemain muda berbakat tersebut. Bukan Argentina yang akhirnya menggantikan posisi Indonesia.

Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo kepada wartawan pada Minggu (21/5/2023) mengatakan seharusnya pemain kita tampil disini. "Pastinya akan sangat banyak pengalaman yang bisa didapat jika pemain muda kita ambil bagian di ajang ini."

Sekarang yang bisa dilakukan paling hanya menyaksikan melalui siaran langsung atau cuplikan video pertandingannya jik tidak sempat menonton siaran langsungnya.

Untuk pemain muda Kesit menyarankan untuk menyimak laga-laga Piala Dunia U-20. "Silahkan untuk nyimak karen pemain-pemain yang terlibat di Piala Dunia kan seusia mereka. Minimal mereka bisa melihat bagaimana skill para pemain yang tampil."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gagal di Indonesia

"Dan bermain dalam satu tim, apakah sudah mulai sama style nya dengan pemain senior atau biasa-biasa saja,"pungkas Kesit.

Piala Dunia U-20 2023 pada awalnya akan diselenggarakan di Indonesia. Namun, FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah jelang penyelenggaraan karena berbagai alasan, salah satunya keamanan.

Pasalnya muncul gelombang penolakan dari banyak kalangan atas kehadiran salah satu peserta yakni Timnas Israel U-20. Penolakan tak cuma datang dari ormas, tapi juga dari dua gubernur yang wilayahnya menjadi lokasi penyelenggaraan yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

3 dari 3 halaman

Dikasih ke Argentina

FIFA kemudian dengan cepat menunjuk Argentina sebagai pengganti Indonesia. Dengan demikian, Argentina otomatis berhak tampil di Piala Dunia U-20 lewat jalur tuan rumah meskipun sebelumnya mereka tidak lolos ke turnamen ini. Posisi Indonesia sebagai peserta juga digantikan Argentina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini