Sukses

Masa Depan Harry Maguire di Manchester United Semakin Tidak Jelas Usai Komentar Erik ten Hag

Kapten Manchester United Harry Maguire hadapi tantangan berat untuk merebut kembali posisinya di skuad Erik ten Hag usai komentar sang pelatih terhadap Bruno Fernandes.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan semakin dekatnya akhir dari musim Liga Inggris, spekulasi mengenai masa depan Harry Maguire di Manchester United semakin meningkat.

Sejak didatangkan dari Leicester City pada musim panas 2019 dengan biaya 80 juta poundsterling, performa Maguire di atas lapangan telah mengalami naik turun yang cukup signifikan, di mana ia beberapa kali mendapat sorotan karena sejumlah blunder yang dibuatnya.

Atas inkonsistensinya, Maguire mulai kehilangan tempat di tim utama sejak kedatangan Erik ten Hag, di mana sang pelatih lebih mempercayakan lini pertahanannya kepada Raphael Varane dan Lisandro Martinez.

Dengan bek berusia 30 tahun itu lebih banyak menghabiskan sebagian besar musim ini di bangku cadangan, Bruno Fernandes telah dipercaya untuk mengenakan ban kapten. Dan menilai komentar terbaru Ten Hag atas Fernandes, pelatih asal Belanda tersebut terlihat sangat senang dengan performa sang gelandang ketika mengomandoi tim ketika Maguire absen.

“Saya menekankannya pada hari Kamis, ia sangat tangguh. Beberapa minggu yang lalu ada pertanyaan tentang kemampuannya sebagai kapten. Itu gila, ia adalah pemimpin yang hebat, ia memberi begitu banyak energi untuk tim,” ujar Ten Hag tentang Fernades setelah ia mencetak gol kemenangan dalam pertandingan kontra Aston Villa akhir pekan lalu.

“Tekadnya, hasratnya, ketahanannya. Anda membutuhkan pemain seperti itu jika ingin memenangkan pertandingan dan memenangkan trofi,” sambungnya seperti dilansir dari Mirror.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terombang-ambing

Menyusul komentar Erik ten Hag atas Bruno Fernandes sebelumnya, nampaknya tidak ada rencana untuk mencopot Harry Maguire dari jabatannya sebagai kapten tim jika ia memilih untuk bertahan musim depan dan memperjuangkan tempatnya di tim utama.

Namun, dengan begitu Maguire akan semakin terombang-ambing di tengah ketidakjelasan masa depannya. Tidak dapat dipungkiri, Manchester United terlihat bermain lebih baik ketika bek asal Inggris itu tidak bermain dan memimpin tim di lapangan. Oleh karena itu, ia dinilai akan menghadapi perjuangan yang sangat berat untuk kembali memperoleh tempat di skuad Ten Hag jika akhirnya memutuskna untuk bertahan.

3 dari 4 halaman

Tidak Punya Tempat

Selain penampilan tim yang lebih baik tanpa dirinya, Harry Maguire nampaknya juga sudah tidak memiliki tempat di lini pertahanan. Di posisi bek tengah sebelah kiri, ada Lisandro Martinez dan Luke Shaw yang sepanjang musim ini jelas berada di depannya dalam urutan pilihan utama. Sementara di sisi kanan, di mana Maguire paling sering dimanfaatkan oleh Ten Hag, ada nama Raphael Varane dan Victor Lindelof yang sama-sama tampil lebih baik dari eks pemain Leicester City tersebut.

Lindelof yang selama ini juga banyak dituduh atas pertahanan United yang buruk belakangan juga mendapatkan banyak pujian atas performa mengesankannya dan dapat dianggap sebagai pilihan ketiga di atas Maguire jika Varane dan Martinez pulih dari cederanya.

4 dari 4 halaman

Mengalah

Harry Maguire pernah berbicara mengenai ambisinya untuk dapat kembali menjadi pilihan utama klub dalam beberapa bulan terakhir. Namun, melansir dari Mirror ada beberapa laporan terbaru yang mengklaim jika bek raksasa tersebut mungkin harus melunakkan pendiriannya mengingat potensi kehilangan tempatnya di skuad Timnas Inggris menjelang kompetisi internasional berikutnya jika ia terus-terusan mengejar mimpi bermain secara reguler di tim utama Manchester United.

Saat ini kontrak Maguire masih menyisakan dua tahun yang artinya Setan Merah akan berada dalam posisi untuk meminta biaya transfer yang masuk akal untuk jasanya mengingat besarnya biaya yang dulu dikeluarkan untuk mendatangkannya dari Leicester City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.