Sukses

Peringatan Tajam Indra Sjafri untuk Vietnam di SEA Games 2023: Jangan Sok Pede

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri memberi peringatan tajam untuk Vietnam dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja. Ia meminta The Golden Stars tak kelewat percaya diri bisa lolos dari fase grup.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri memberi peringatan tajam untuk Vietnam dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja. Ia meminta The Golden Stars tak kelewat percaya diri, meski reputasinya cukup disegani di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Seperti diketahui, skuad Garuda Nusantara sementara ini selamat dari ancaman Vietnam dan Thailand di fase penyisihan grup. Duo negara yang kerap menjadi rival berat Indonesia kompak tergabung dalam grup B bersama Malaysia, Singapura, dan Laos.

Sementara itu, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan mendapat bagian untuk meramaikan persaingan grup A sekaligus menjajal kekuatan empat negara lain, yakni Filipina, Myanmar, Timor Leste, serta tuan rumah Kamboja.

Walau demikian, Indra Sjafri pantang menganggap enteng persaingan fase grup. Juru taktik berusia 60 tahun tersebut ingin berupaya memastikan tempat di semifinal, mengingat Indonesia sejak awal ditargetkan mendulang medali emas SEA Games 2023.

“Sekarang, kami (Timnas Indonesia U-22) berada di grup A dan tentu saya tidak bisa memikirkan dulu siapa yang akan menjadi lawan (di semifinal). Yang jelas kita ingin lolos di grup,” tutur Indra pada Jumat (28/4/2023).

Pelatih kelahiran 1963 pun turut memberi petuah keras untuk Timnas Vietnam U-22. Ia mengimbau sang juara bertahan supaya tak kelewat pede lantaran negara-negara yang tergabung dalam grup B juga rata-rata memiliki track record apik.

“Saya juga memprediksi (persaingan) di Grup B nanti akan sengit. Vietnam jangan sok pede dulu, jangan yakin dulu dia akan lolos (dari fase grup), jadi selamat berjuang di Grup B. Tim-tim lain juga punya kesempatan yang sama di Grup B (untuk tembus ke semifinal),” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus Pertandingan demi Pertandingan

Meski ditargetkan menjadi kampiun cabang olahraga sepak bola, Indra Sjafri menolak berpikir terlalu jauh mengenai perjalanan anak-anak asuhnya di SEA Games 2023 Kamboja.

Juru taktik kelahiran Sumatra Barat itu mengaku dirinya hanya ingin membimbing Timnas Indonesia U-22 agar fokus menyelesaikan laga demi laga hingga akhirnya lolos dari fase grup.

“Indonesia, khususnya, fokus bagaimana bisa melalui pertandingan per pertandingan ini untuk dapat lolos di (penyisihan) grup,” tutur Indra.

“Lalu (mengenai) siapa yang akan jadi lawannya (di semifinal), kami enggak mau memprediksi dan tidak akan memilih siapa lawannya. Yang paling penting untuk Indonesia, mulai hari ini fokus bagaimana bisa lolos dari grup,” tegas dia.

3 dari 3 halaman

Laga Perdana Melawan Filipina

Sekadar informasi, skuad racikan Indra Sjafri bakal mulai melakoni pertandingan perdana SEA Games 2023 pada Sabtu (29/4/2023) sore WIB. Tim Garuda Nusantara dijadwalkan meladeni perlawanan Filipina di Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja.

Indra Sjafri menilai, Filipina pada dasarnya merupakan lawan yang patut diwaspadai layaknya timnas dari negara-negara lain. Oleh sebab itu, ia bertekad membuktikan kualitas Garuda Nusantara lewat pertarungan langsung di lapangan hijau.

“Saya enggak bisa berkomentar teknis tentang Filipina, tetapi hampir semua (tim), (baik itu) Timor Leste, Myanmar, Kamboja, bagi Indonesia adalah lawan-lawan yang harus direspons secara baik,” tuturnya dalam konferensi pers pra pertandingan, dilansir dari situs resmi PSSI.

“Bagaimana responsnya, tunggu di 2x45 menit (saat Timnas Indonesia bertanding). Kita harus kerja keras, disiplin, dan fokus demi mendapatkan hasil terbaik di SEA Games 2023 ini,” sambung pria kelahiran tahun 1963 itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.