Sukses

Patah Tulang Fibula, Delvintor Alfarizi Lewatkan MXGP Swiss 2023

Delvintor Alfarizi merupakan pembalap Indonesia pertama yang tampil reguler (bukan wild card) di ajang FIM Motocross World Championship (MXGP).

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang mengenakkan datang dari pembalap Indonesia, Delvintor Alfarizi. Rider Astra Honda Racing Team (AHRT) tersebut harus absen selama beberapa pekan akibat karena fibula atau tulang betis kanan. 

Delvintor cedera usai terjatuh pada lap ketiga saat sesi latihan. Akibatnya, Delvintor harus absen pada pada putaran ketiga (atau yang pertama untuknya di musim ini) MXGP Swiss. 

Pemeriksaan medis awal sebenarnya tidak menunjukkan kesimpulan apa-apa. Namun tes lebih lanjut memperlihatkan adanya keretakan di fibula kanan. Dokter pun menyarankan pebalap AHRT tersebut beristirahat total minimal tiga minggu, sebelum mulai berlatih lagi dengan sepeda saat sakitnya mereda.

"Tentu ini sangat tidak saya harapkan. Penantian saya untuk pertama kali ikut MXGP di luar Indonesia harus terhadang sesuatu yang tidak saya harapkan," ujarnya dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

"Sekarang fokus saya adalah bagaimana bisa segera pulih dan melanjutkan kembali rencana yang sudah disusun tahun ini," ujar Delvintor menambahkan menambahkan. 

Balap motocross MXGP Swiss telah berlangsung pada 8 April yang lalu. Di ajang ini, Delvintor seharusnya tampil di nomor MX2. Sayang, kecelakaan tersebut membuatnya absen dan gagal menambah poin.

Balapan MX2 sendiri akhirnya dimenangkan oleh Thibaut Benistant dari Yamaha. Dia mengungguli Andrea Adamo (KTM) yang menempati urutan kedua dan Kay De Wolf (Husqvarna) di posisi ketiga. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapa Delvintor Alfarizi?

Rider muda ini merupakan pembalap Indonesia pertama yang tampil reguler (bukan wildcard) di FIM Motocross World Championship ( MXGP ). Rencananya, tahun ini, pria yang akrab disapa Adel tersebut bakal turun pada 10 dari 19 putaran kelas MX2 yang dilombakan. 

Perjalanan Adel rencananya diawali dari putaran ketiga di Frauenfeld, Swiss, pekan lalu. Selanjutnya, Adel bakal tampil di sembilan seri lainnya, yakni di Italia, Portugal, Spanyol, Indonesia (Sumbawa dan Lombok), Republik Ceko, Belgia, Swedia, dan Belanda.

Bagi Delvintor, ini bukanlah pengalaman pertamanya tampil di MXGP. Memanfaatkan fasilitas wildcard pada 2019 lalu, dia turun pada dua putaran di seri Indonesia saat masih berusia 17 tahun. Sementara tahun lalu, Delvintor juga tampil di GP motocross Indonesia yang berlangsung di Samota, Nusa Tenggara Barat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.