Sukses

Erik ten Hag Akui Manchester United Terlalu Mengandalkan Satu Pemain Musim Ini

Manchester United dinilai terlalu mengandalkan satu pemain dalam urusan mencetak gol dan Erik ten Hag mengakui hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Manchester United, Erik ten Hag mengakui jika timnya terlalu bergantung pada Marcus Rashford setelah sang striker mencetak gol kemenangan atas Brentford dalam lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (6/4/2023). Melalui gol tunggalnya, Rashford membantu United menggeser Tottenham Hotspur dari posisi keempat di klasemen liga sementara ini.

Gol tersebut sekaligus menjadi gol ke-15 Rashford di liga dan ke-28 di semua kompetisi. Pemain berusia 25 tahun itu saat ini berada di urutan keempat top skor Liga Inggris, tertinggal dua gol dengan Ivan Toney di peringkat ketiga.

Ketika ditanya apakah timnya terlalu bergantung pada sosok Rashford dalam urusan mencari gol, Erik ten Hag tidak menyangkal hal tersebut.

“Ya, itu kenyataannya. Tetapi kita tahu bahwa pemain lain juga bisa mencetak gol. Bruno (Fernandes) juga bisa mencetak gol. Kami punya banyak pemain di dalam skuad yang bisa memberikan gol,” ujar eks manajer Ajax tersebut.

Memang tidak dapat dipungkiri insting predator Marcus Rashford sebagai striker semakin tajam musim ini, khususnya usai gelaran Piala Dunia. Sejauh ini, hanya striker Napoli Victor Osimhen yang mengoleksi lebih banyak gol liga di lima liga top Eropa ketimbang pemain jebolan akademi Man United tersebut.

Pencapaian-pencapaian Rashford tersebut telah menjadikan musim ini sebagai musim terbaik pemain kelahiran Wythenshawe itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsisten

Sementara itu, selama bermain 90 menit melawan Brentford, Marcus Rashford beroperasi di dua posisi yang berbeda. Awalnya, pemain bernomor punggung 10 itu bermain di tengah menjadi ujung tombak skuad Erik ten Hag. Namun, ketika Anthony Martial masuk menggantikan Jadon Sancho, Rashford digeser ke sayap kiri agar Martial dapat bermain di tengah.

Berkenaan dengan perintah untuk mengisi beberapa posisi berbeda, Rashford tidak terlalu memikirkan hal itu dan menekankan bahwa tujuan utamanya adalah memberikan usaha terbaik untuk memastikan kesuksesan timnya.

“Itu tidak banyak mengubah hal bagi saya. Saya tetap mencoba untuk berlari di belakang dan mencoba membuka ruang bagi pemain lain di lapangan. Entah saya bermain di kiri, kanan atau tengah, tujuan akhirnya tetap sama yaitu mencoba membuat gol dan assist untuk membantu tim. Posisi yang berbeda tetapi cara berpikir yang sama,” tegas pemain internasional Inggris tersebut.

3 dari 4 halaman

Bumerang

Meski Marcus Rashford merupakan aset berharga bagi Manchester United dengan kemampuan mencetak golnya yang luar biasa, Erik ten Hag tetap harus waspada karena terlalu bergantung pada satu pemain dapat menjadi bumerang bagi timnya.

Beberapa pertandingan terakhir, Rashford terlihat cukup kesulitan untuk menemukan ruang dan kesempatan mencetak gol yang leluasa. Dan karena itu tim jadi terkena imbasnya. Sebelum akhirnya berhasil merebut kemenangan atas Brentford, Man United gagal memetik kemenangan dalam tiga laga terakhirnya di Liga Inggris dan sama sekali tidak mencetak gol.

Ten Hag pun mengakui betapa kesulitannya ia jika Rashford tidak dapat memberikan performa terbaiknya.

“Anda dapat membicarakannya (Rashford) hampir di setiap pertandingan dan ketika ia tidak bermain seperti hari Minggu lalu, itu tidak baik bagi kami. Kami harus memasukkannya ke dalam permainan, tetapi ia juga harus bertanggung jawab, dan begitu juga pemain lain,” ujar manajer asal Belanda tersebut.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Marcus Rashford merupakan pemain sepak bola muda profesional Manchester United
    Marcus Rashford merupakan pemain sepak bola muda profesional Manchester United

    Marcus Rashford

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Manchester United atau MU akan melakukan transfer manager baru dan pemain, untuk memperkuat skuad-nya.

    Berita MU

  • Erik ten Hag

  • Berita Bola