Sukses

Zainudin Amali Jawab Potensi Indonesia Jadi Tuan Rumah Pengganti di Piala Dunia U-17 2023

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali buka suara terkait potensi Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah pengganti Piala Dunia U-17 2023, usai FIFA mencabut status Peru sebagai lokasi penyelenggara.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali buka suara terkait potensi Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, usai FIFA mencabut status Peru sebagai lokasi penyelenggara.

Seperti diketahui, Peru mengalami nasib yang hampir serupa dengan Indonesia. Negara tersebut dinyatakan batal menggelar Piala Dunia U-17 2023 setelah federasi sepak bola internasional mengeluarkan keterangan resmi pada Senin (3/4/2023) lalu. 

Tanah Air pun diharapkan mampu mengambil alih status sebagai tuan rumah pengganti. Maklum, Indonesia juga tengah patah hati lantaran kehilangan kesempatan menghelat ajang Piala Dunia U-20 2023

Zainudin Amali pun angkat bicara menanggapi potensi tersebut. Eks Menteri Pemuda dan Olahraga menilai PSSI saat ini lebih fokus berupaya menghindari sanksi FIFA, dibanding mengajukan diri menjadi tuan rumah baru Piala Dunia U-17. 

Walau begitu, Amali tak menampik pihaknya tertarik untuk mengajukan tawaran. Hal itu memang bisa dilakukan apabila FIFA tak menjatuhkan sanksi yang mengucilkan Indonesia dari kancah sepak bola dunia.

"(Saat ini) yang paling utama sih soal bagaimana kita tidak terkucil, tidak dihukum berat (oleh FIFA), itu yang paling utama. Kemudian baru (hal yang) lain-lain," tutur Waketum PSSI saat ditemui di GBK Arena, Senayan, Selasa (4/4/2023). 

"Kalau kita sudah dihukum, enggak ada lagi (yang bisa dilakukan). Kalau memungkinkan, misalnya kalau hukuman itu memungkinkan kita jadi tuan rumah, kita upayakan."

"Makanya kita fokus ke sanksinya dulu, supaya enggak dapat (sanksi). Kalau toh dapat, seringan-ringannya. Kan ada level sanksi. Jangan sampai seperti 2015, (kita) berharap seperti itu," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siap Jadi Tuan Rumah

Lebih lanjut, Amali mengeklaim bahwa Indonesia sejatinya tergolong siap menjadi tuan rumah pengganti Piala Dunia U-17 2033. Pasalnya, Tanah Air tak memiliki masalah dari segi infrastruktur.

Waketum PSSI juga menilai Indonesia juga punya skuad potensial yang bisa diturunkan. Ia menyebut Merah Putih bisa saja menggantungkan harapan pada anak-anak asuh Bima Sakti yang sempat menyabet gelar juara Piala AFF U-16 2022. 

"(Menggelar Piala Dunia) U-20 saja kita siap, kan (Piala Dunia U-17) levelnya di bawah itu," tutur Amali kepada awak media di GBK Arena. 

"Ya timnasnya (yang dituturunkan adalah) yang juara AFF (U-16), (anak-anak asuh)Bima Sakti. Itu sih oke," tambah dia.

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Kunjungi FIFA

Sebagai informasi, Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat ini tengah bertolak ke Eropa untuk menemui FIFA. 

Pertemuan itu merupakan bagian dari upaya Indonesia menghindari sanksi pasca pencabutan status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, sekaligus perealisasian instruksi Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. 

“Kita ini menunggu saja, kita berharap Pak Erick bisa menjalankan misi dan penugasan dari Presiden waktu dipanggil minggu lalu.l,” tutur Amali.

“Tugas utamanya adalah bagaimana agar kita tak kena sanksi. Kalau kena, ya tidak berat. Kita (harapkan) seringan-ringannya,” tambah eks Menpora tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.