Sukses

Hasil Kualifikasi Euro 2024: Pemain MU Diusir, Inggris Sikat Italia

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Inggris meraih kemenangan penting di laga pertama Grup C Kualifikasi Piala Eropa atau Euro 2024. The Three Lions menang 2-1 ketika dijamu Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB.

Pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2024 ini, Inggris harus bermain dengan 10 pemain. Bek Manchester United Luke Shaw diusir wasit pada menit 80. Untungnya, Inggris tetap bisa mempertahankan kemenangan meski ditinggal pemain MU tersebut.

Pertemuan Inggris dengan Italia berlangsung menarik sejak awal. Kedua tim silih berganti menyerang. Italia memiliki dua peluang di menit awal tapi belum menemui sasaran.

Inggris melepaskan tembakan ke arah gawang pertama pada menit ketujuh melalui winger Bukayo Saka. Akan tetapi bola masih bisa diamankan kiper Gianluigi Donnarumma.

Peluang emas kembali didapat Inggris pada menit 11. Gelandang Jude Bellingham melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang memaksa Donnarumma jatuh bangun menepisnya.

Inggris akhirnya memimpin pada menit 13. Gelandang Declan Rice bergerak cepat menyambar bola sepakan Harry Kane yang diblok pemain Italia Leonardo Spinazzola.

Italia makin terpuruk di menit 44 akibat Giovani Di Lorenzo menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Inggris mendapat hadiah penalti. Kane sukses memperdaya Donnarumma dari titik 12 pas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shaw Diusir

Inggris nyaris menutup babak pertama dengan keunggulan tiga gol bila saja tembakan Jack Grealish di masa injury time tidak meleset meski Donnarumma sudah mati langkah.

Tertinggal dua gol, Italia coba menekan Inggris di babak kedua. Usaha Italia akhirnya membuahkan hasil di menit 56 melalui striker Mateo Retegui yang menuntaskan kerjasama Lorenzo Pellegrini dengan Marco Verratti.

Di babak kedua ini, Italia terus mengempur Inggris. Tim tamu dipaksa lebih banyak bertahan. Derasnya serangan Italia membuat Shaw mendapat kartu kuning kedua di menit 80 akibat melanggar Retegui.

Untungnya meski kalah jumlah pemain, Inggris bisa mempertahankan keunggulan 2-1 ini sampai peluit panjang ditiup wasit.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Italia vs Inggris

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Tolói, Acerbi, Spinazzola; Verratti (Scamacca 88'), Jorginho (Tonali 69'), Barella (Cristante 62'); Pellegrini (Gnonto 69'), Berardi (Politano 62'), Retegui.

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Phillips, Bellingham (Gallagher 85'), Grealish (Foden 69', Trippier 81'), Saka ( James 85'), Kane.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.