Sukses

Pengambilalihan MU Masuki Tahap Baru

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan untuk membeli Manchester United telah memasuki tahap baru. Rabu malam, 22 Maret 2023, adalah tenggat waktu terakhir dalam proses tersebut telah lewat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Keluarga Glazer pada November 2023 telah menyatakan bersedia untuk mempertimbangkan alternatif strategis untuk MU yang sudah mereka miliki sejak 2005 silam, termasuk kemungkinan pengambilalihan penuh.

Bankir Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dan Chief INEOS Sir Jim Ratcliffe menjadi yang terdepan dalam mengajukan penawaran pengambilan penuh Man Utd. Dukungan untuk salah satu dari keduanya telah terbagi secara masif di antara para penggemar di media sosial yang menantikan kabar terbaru.

Para petinggi Man Utd telah bertemu dengan beberapa pelamar bulan ini. Itu termasuk delegasi yang mewakili Sheikh Jassim. Sementara Ratcliffe secara pribadi melakukan perjalanan ke Old Trafford

Seperti dilansir 90min, Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe telah mengajukan tawaran yang lebih baik. Keduanya menyodorkan tawaran lebih dari 5 miliar pound atau sekitar Rp 92,8 triliun.

Angka tersebut melampaui rekor dunia saat ini yang dibayarkan untuk sebuah tim olahraga. Pada 2022 lalu, Denver Broncos dibeli dengan harga 4,65 miliar dolar Amerika Serikat atau 3,75 miliar pound.

Sementara harga penjualan Chelsea sebesar 2,5 miliar pound dengan tambahan 1,75 miliar pound yang dijanjikan untuk investasi.

Sumber-sumber 90min mengonfirmasi bahwa Keluarga Glazer masih bertahan dengan harga 6 miliar pound. Sedangkan Sir Jim Ratcliffe telah mengatakan pada Minggu ini bahwa dia tidak akan ditekan untuk membayar lebih dari itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Sheikh Jassim tentang Pembelian MU

"Tawaran ini bertujuan untuk mengembalikan klub ke kejayaannya, baik di dalam maupun di luar lapangan, dan - di atas segalanya - akan berusaha untuk menempatkan para penggemar di jantung Manchester United Football Club sekali lagi," kata Sheikh Jasim pada saat penawaran pembukaan bulan lalu menjelaskan.

"Tawaran ini akan sepenuhnya bebas dari utang melalui Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim, yang akan berinvestasi di tim sepak bola, pusat pelatihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas, pengalaman penggemar dan komunitas yang didukung oleh klub."

"Visi dari penawaran ini adalah agar Manchester United Football Club menjadi terkenal dengan keunggulan sepak bola, dan dianggap sebagai klub sepak bola terhebat di dunia," bunyi pernyataan Sheikh Jasim selanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Pernyataan Sir Jim Ratcliffe tentang Pembelian MU

"Kami akan melihat peran kami sebagai penjaga jangka panjang Manchester United atas nama para penggemar dan komunitas yang lebih luas," demikian bunyi pernyataan dari INEOS ketika tawaran awal Sir Jim Ratcliffe dikonfirmasi.

"Kami ambisius dan sangat kompetitif dan ingin berinvestasi di Manchester United untuk membuat mereka menjadi klub nomor satu di dunia sekali lagi."

"Kami juga menyadari bahwa tata kelola sepak bola di negara ini sedang berada di persimpangan jalan. Kami ingin membantu memimpin babak selanjutnya, memperdalam budaya sepak bola Inggris dengan menjadikan klub sebagai mercusuar untuk pendekatan kepemilikan yang modern, progresif, dan berpusat pada penggemar," pernyataan berikutnya.

"Kami ingin Manchester United yang berlabuh dalam sejarah dan akar kebanggaannya di Barat Laut Inggris, mengembalikan Manchester ke dalam Manchester United dan dengan jelas berfokus untuk memenangkan Liga Champions."

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.