Sukses

Daftar 5 Pesepak Bola Indonesia Termahal Saat Ini, Siapa Saja?

Deretan pemain Indonesia yang memiliki nilai pasar termahal.

Liputan6.com, Jakarta Ketika seorang pesepak bola mampu menampilkan permainan yang apik dan menghadirkan gelar juara bagi tim yang dibela, hal itu akan berbanding lurus dengan nilai pasarnya.

Terkadang pula, acuan dari mahal atau murahnya sang pemain disandarkan pada hal tersebut, selain karena usia dan juga ketenaran sang pemain. Meski begitu, nilai pasar pesepak bola cenderung fluktuatif. 

Hal tersebut menjadi rumusan yang tak tertulis dari industri sepak bola dunia dan sudah dijewantahkan kepada pemain sepak bola hingga kini, tak terkecuali pemain Indonesia.

Berbicara soal harga pemain, siapa pemain Indonesia yang memiliki nilai pasar yang tinggi hingga detik ini? Dilansir dari Transfermarkt berikut daftarnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sandy Walsh

Pemain naturalisasi yang kini membela tim kasta teratas Liga Belgia KV Mechelen ini menjadi pemain Indonesia termahal. Transfermarkt mencatat, Sandy Walsh dibanderol dengan harga Rp34,76 miliar.

Sayangnya, pemain yang dinaturalisasi berbarengan dengan Jordi Amat ini tidak bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Klub yang dibelanya saat ini tidak mengeluarkan izin untuk Sandy Walsh berlaga di Piala AFF 2022.

3 dari 6 halaman

2. Jordi Amat

Bek yang pernah membela Swansea City dan kini bermain di Johor Darul Ta'zim ini menjadi pemain Indonesia termahal kedua. Transfermarkt mencatat nilai pasar bek berusia 30 tahun ini sebesar Rp17,38 miliar.

Jordi Amat menjalani debut pertamanya membela Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2022 ketika Indonesia melawan Kamboja.

4 dari 6 halaman

3. Marc Klok

Gelandang yang sudah melanglang buana di kompetisi teratas Liga Indonesia ini menjadi pemain termahal ketiga. Gelandang Persib Bandung tersebut memiliki nilai pasar yang cukup tinggi, yaitu Rp7,82 miliar.

Marc Klok pun sudah beberapa kali membela Timnas Indonesia sejak dirinya dinaturalisasi pada November 2020. 

5 dari 6 halaman

4. Stefano Lilipaly

Pemain yang pernah membela klub-klub besar di Indonesia seperti Bali United, Persib Bandung, Persija Jakarta, hingga kini Borneo FC memiliki nilai pasar sebesar Rp6,08 miliar.

Stefano Lilipaly pernah meraih kesuksesan bersama Bali United saat menjadi kampiun Liga 1 pada musim 2018/2019. Ia pun sempat menjadi andalan Timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 2016 silam. 

6 dari 6 halaman

5. Ilija Spasojevic

Penyerang yang menjadi top skor Liga 1di musim 2021/2022 ini menjadi andalan di lini serang Bali United. Ilija Spasojevic tercatat memiliki nilai pasar sebesar Rp5,65 miliar. 

Karena memiliki insting serta naluri mencetak gol yang tinggi, penyerang berusia 35 tahun tersebut masih dipanggil untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. 

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini