Sukses

Jadwal Piala Dunia, Maroko vs Spanyol: Dukungan Mengalir dari Negara Arab

Liputan6.com, Jakarta Maroko akan menghadapi Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung pada Selasa (6/12/2022) malam. Maroko maju sebagai pemuncak Grup F Piala Dunia 2022 setelah menang atas Belgia dan Kanada dan imbang dengan Kroasia, ini merupakan kali pertama bagi mereka maju ke babak 16 besar sejak 1986.

Namun pertemuan dengan Spanyol tentu bukan hal yang diharapkan oleh tim kuda hitam di Piala Dunia 2022. Bagaimana pun, Atlas Lions akan berusaha mempertahankan kejutan mereka dengan mengecewakan tim Spanyol yang dianggap sebagai salah satu favorit memasuki turnamen.

Maroko sekarang akan berusaha untuk mengamankan kemenangan babak sistem gugur pertama dalam sejarah mereka. Tapi itu bukan hal yang mudah bagi mereka saat berhadapan dengan Spanyol. Juara Piala Dunia 2010, La Furia Roja yang maju sebagai runner-up Grup E juga telah menyiapkan skuad untuk menghadapi adu penalti.

Setelah tim mereka sendiri tersingkir dari Piala Dunia pertama di Timur Tengah, banyak suporter Qatar, Saudi, dan Tunisia di Doha kini mendukung Maroko. Meski berasal dari negara Afrika, Maroko sepertinya punya tempat tersendiri di hati publik Timur Tengah.

Di Marrakech, sebuah restoran Maroko di Doha, beberapa karyawan mendapatkan curahan dukungan. Bahkan ada yang berani bermimpi besar untuk timnas itu.

"Semua negara Arab merasakan kegembiraan bagi kami dan membantu kami merasakan kegembiraan itu," kata Yassin al-Youssfi, sambil menuangkan teh Maroko dengan mengenakan seragam merah cerah tim, dikutip dari Independent, Selasa (6/12/2022).

"Saya harap perasaan ini bertahan saat kami mengangkat piala. Itu akan dipegang oleh tangan Maroko," tambahnya. 

Kesuksesan Maroko lolos dari fase grup menyebabkan luapan kegembiraan di dunia Arab. Perayaan menyebar dari Kota Gaza ke Kairo. Di Doha, komunitas Maroko merasa betah. "Di mana pun di Qatar, Anda akan menemukan orang-orang memberi selamat dan bersorak untuk Anda," kata Naouel Farih, koki di restoran Marrakech.

"Ini memberi seseorang begitu banyak kebanggaan dan kebahagiaan bahwa tim Maroko mencapai babak 16 besar," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jadwal Siaran Langsung

Duel antara Maroko vs Spanyol akan terjadi untuk memperebutkan tempat di perempat final Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Education City, Qatar pada Selasa, 6 Desember 2022 pukul 22.00 WIB.

Pertandingan tersebut dapat disaksikan melalui siaran langsung di berbagai platform EMTEK, mulai dari saluran televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, hingga jaringan TV satelit Nex Parabola. Adapun jadwal lengkap pertandingan lainnya bisa diperoleh di link berikut.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique memberikan tugas kepada para pemainnya selama setahun terakhir untuk mengantisipasi menghadapi tendangan penalti di babak sistem gugur turnamen di Qatar. Pasalnya, Spanyol tersingkir melalui adu penalti oleh Italia di semifinal Euro tahun lalu. "Saya membayangkan bahwa mereka telah melakukan pekerjaan rumah mereka," kata Enrique dikutip dari BBC.

"Lebih dari setahun yang lalu, di salah satu kamp Spanyol, saya memberi tahu mereka bahwa mereka harus tiba di sini dengan setidaknya 1.000 penalti diambil. Jika Anda menunggu sampai tiba di sini untuk berlatih penalti... (itu tidak akan cukup)," jelasnya.

Pelatih berpengalaman itu mengakui panggung Piala Dunia sangat berbeda dan akan memberikan ketegangan maksimal terutama saat penalti. "Ini adalah momen ketegangan maksimum, waktunya untuk menunjukkan keberanian Anda dan bahwa Anda dapat menembakkan penalti dengan cara yang telah Anda putuskan, jika Anda telah melatihnya ribuan kali," kata Enrique

3 dari 3 halaman

Prediksi Line Up

Maroko (4-3-3): Yassine Bounou; Noussair Mazraoui, Romain Saiss, Nayef Aguerd, Achraf Hakimi; Abdelhamid Sabiri, Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi; Sofiane Boufal, Youssef En-Nesyri, Hakim Ziyech.

Pelatih: Walid Regragui (Maroko).

Info skuad: Tidak ada pemain absen.

 

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Jordi Alba, Pau Torres, Rodri, Dani Carvajal; Pedri, Sergio Busquets, Gavi; Dani Olmo, Alvaro Morata, Ferran Torres.

Pelatih: Luis Enrique (Spanyol).

Info skuad: Tidak ada pemain absen.

 

Head to Head

3 Pertemuan Terakhir

25/06/2018 Spanyol 2-2 Maroko (Piala Dunia)

23/11/1961 Spanyol 3-2 Maroko (Kualifikasi Piala Dunia)

12/11/1961 Maroko 0-1 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia)

 

5 Pertandingan Terakhir Maroko (S-M-S-M-M)

28/09/22 Paraguay 0-0 Maroko (Friendly)

17/11/22 Maroko 3-0 Georgia (Friendly)

23/11/22 Maroko 0-0 Kroasia (Piala Dunia)

27/11/22 Belgia 0-2 Maroko (Piala Dunia)

01/12/22 Kanada 1-2 Maroko (Piala Dunia).

 

5 Pertandingan Terakhir Spanyol (M-M-M-S-K)

28/09/22 Portugal 0-1 Spanyol (UNL)

17/11/22 Yordania 1-3 Spanyol (Friendly)

23/11/22 Spanyol 7-0 Kosta Rika (Piala Dunia)

28/11/22 Spanyol 1-1 Jerman (Piala Dunia)

02/12/22 Jepang 2-1 Spanyol (Piala Dunia).

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS