Sukses

Hasil Piala Dunia 2022 Korea Selatan vs Portugal: Menang 2-1, Taeguk Warriors Lolos ke 16 Besar

Korea Selatan meraih kemenangan dramatis atas Portugal pada partai penutup Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Jumat (2/12/2022) malam WIB. Hasil 2-1 membawa mereka lolos ke babak gugur.

Liputan6.com, Doha - Korea Selatan meraih kemenangan dramatis atas Portugal pada partai penutup Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Jumat (2/12/2022) malam WIB. Hasil 2-1 membawa mereka lolos ke babak gugur.

Pertandingan ini disiarkan langsung SCTV, Moji, dan juga dapat disaksikan melalui siaran streaming Vidio serta jaringan televisi satelit NEX Parabola.

Korea Selatan membutuhkan kemenangan untuk menjaga kans lolos ke 16 besar Piala Dunia Qatar. Son Heung-min dan kawan-kawan pun langsung menyerang sejak menit pertama.

Namun, mereka justru kecolongan. Penetrasi Diogo Dalot di sisi kanan membuat lini belakang kelabakan. Dalot lalu mengirim umpan silang yang dimaksimalkan Ricardo Horta pada menit ke-5.

Taeguk Warriors coba bangkit. Mereka sempat memasukkan bola ke gawang melalui Kim Jin-su. Sayang sang pemain dalam posisi offside sehingga gol dianulir.

Perjuangan akhirnya berbuah hasil. Dari sepak pojok, Kim Young-gwon mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-27 setelah Cristiano Ronaldo gagal membuang bola.

Kedua tim kemudian saling jual beli serangan. Kim Seung-gyu menghentikan upaya Dalot dan Vitinha. Namun tidak ada gol yang tercipta. Skor 1-1 di babak pertama Korea Selatan vs Portugal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Korea Selatan kembali mencoba selepas jeda. Son Heung-min memimpin serangan Taeguk Warriors, tapi usahanya diblok Antonio Silva.

Pemain Tottenham Hotspur itu kembali mengancam. Namun, lagi-lagi tendangannya diadang bek Portugal, kali ini Joao Silva.

Korea Selatan kesulitan menciptakan peluang berarti yang mengancam gawang Portugal. Di sisi lain, Seleccao das Quinas tidak keberatan memperlambat tempo. Pasalnya, torehan satu angka cukup bagi mereka untuk mengamankan posisi puncak.

Di ambang frustasi, Korea Selatan mencetak gol kedua melalui pemain pengganti Hwang Hee-chan. Penggawa Wolverhampton Wanderers itu menyelesaikan serangan balik yang diprakarsai Son Heung-min pada menit ke-90+1.

Korea Selatan sukses mempertahankan keunggulan di sisa waktu. Hasil ini membawa mereka naik ke peringkat dua klasemen akhir, menyalip Uruguay dan Ghana. Mereka mendampingi Portugal yang lolos sebagai juara grup.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Korea Selatan: Kim Seung-gyu, Kim Jin-su, Kim Moon-hwan, Kim Young-gwon (Hwang Ui-jo 81), Kwon Kyung-won, Jung Woo-young, Hwang In-beom, Lee Jae-sung (Hwang Hee-chan 66), Son Heung-min, Lee Kang-in (Son Jun-ho 81), Cho Gue-sung (Yu-min Cho 90+3)

Portugal: Diogo Costa, Diogo Dalot, Pepe, Antonio Silva, Joao Cancelo, Ruben Neves (Rafael Leao 65), Vitinha (William Carvalho 81), Matheus Nunes (Joao Palhinha 65), Joao Mario (Bernardo Silva 82), Ricardo Horta, Cristiano Ronaldo (Andre Silva 65)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.