Sukses

Daftar 10 Tim yang Maju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Argentina, Polandia, dan Australia Dapat Tiket

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 memasuki pertandingan terakhir babak penyisihan grup. Beberapa tim masih berjuang untuk meraih tiket ke babak 16 besar.

Sementara itu, 10 tim telah memastikan diri melangkah ke babak gugur Piala Dunia 2022 Qatar. Tiga tim terbaru adalah Argentina, Polandia, dan Australia.

Argentina lolos dengan status juara Grup C usai mengalahkan Polandia 2-0 di Stadion 974, Doha, Qatar, Kamis (1/12) dini hari WIB. Argentina menang berkat gol Alexis Mac Allister dan Julian Alvarez.

Polandia, meski kalah, tetap melaju ke babak 16 besar karena Meksiko secara dramatis hanya menang 2-1 atas Arab Saudi. Kedua tim sama-sama mengoleksi empat poin, tapi Polandia unggul selisih gol atas Meksiko.

Sedangkan Australia maju ke fase gugur setelah mengalahkan Denmark 1-0 di Stadion Al Janoub, Rabu (30/11) malam WIB. Gol kemenangan Australia dicetak Mathew Leckie.

Hasil itu menempatkan Australia di posisi kedua klasemen akhir Grup D dengan enam poin. Sementara Prancis, yang terlebih dahulu maju ke fase gugur Piala Dunia, tetap di puncak klasemen meski kalah 0-1 dari Tunisia karena unggul produktivitas gol.

Sementara itu, enam tim lainnya yang telah menempatkan dirinya di babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 adalah Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat, Brasil, dan Portugal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Masih diperebutkan

Tinggal tersisa enam tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang masih diperebutkan. Keenam tiket itu ada di Grup E, F, G, dan H.

Di Grup E, Spanyol, Jepang, Kosta Rika, dan Jerman masih berpeluang melaju ke fase gugur. Spanyol melawan Jepang di Stadion Khalifa International, Jumat (2/12) pukul 02:00 WIB. Sedangkan Jerman menghadapi Kosta Rika di Stadion Al Bayt Stadium pada waktu yang sama.

Spanyol mengantongi empat poin, unggul satu poin atas Jepang dan Kosta Rika yang berada di peringkat kedua serta ketiga. Sedangkan Jerman yang menghubi posisi keempat memiliki satu poin.

Dari Grup F, tiket 16 besar bakal diperebutkan oleh Kroasia, Maroko, dan Belgia. Kroasia dan Maroko memiliki empat poin, unggul satu poin atas Belgia yang menempat posisi ketiga. Sedangkan Kanada yang belum menghasilkan poin sudah dipastikan peluangnya tertutup.

Kroasia akan menghadapi Belgia dalam laga terakhir di Stadion Ahmad bin Ali, Kamis (1/12) pukul 22:00 WIB. Sedangkan Maroko melawan Kanada di Stadion Al Thumama pada waktu yang sama.

 

3 dari 4 halaman

Grup G dan H

Di Grup G, satu tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 sudah dipastikan menjadi milik Brasil usai mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Satu tiket lagi akan diperebutkan Swiss, Kamerun, dan Serbia.

Swiss berada di posisi kedua dengan tiga poin. Sementara Kamerun dan Serbia di urutan ketiga dan keempat dengan sama-sama memiliki satu poin.

Kamerun akan menghadapi Brasil dalam laga terakhir di Stadion Lusail Iconic, Sabtu (3/12) pukul 02:00 WIB. Sedangkan laga Swiss melawan Serbia berlangsung di Stadium 974 pada waktu yang sama.

Dari Grup H, Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay masih akan bersaing untuk mendampingi Portugal lolos ke babak 16 besar. Ghana saat ini memiliki tiga poin. Sementara Korea Selatan dan Uruguay mengoleksi satu poin.

Ghana melawan Uruguay di Stadion Al Janoub, Jumat (2/12) pukul 22:00 WIB. Pada waktu yang sama, Korea Selatan menghadapi Portugal di Stadion Education City.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS