Sukses

Messi Gagal Penalti, Ini Man of The Match Usai Argentina Pecundangi Polandia

Liputan6.com, Jakarta Timnas Argentina berhasil memastikan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Itu setelah mereka meraih kemenangan atas Polandia pada laga pamungkas Grup C.

Bertanding di Stadium 974, Kamis (1/12/2022) dini hari WIB, Argentina menang dengan skor 2-0.

Bukan Lionel Messi, gol-gol kemenangan pasukan Lionel Scaloni dicetak oleh lexis Mac Allister (46') dan Julian Alvarez (67').

Kemenangan ini mengantar Argentina ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup C. Argentina finis di peringkat pertama dengan poin enam dari tiga laga.

Sementara Polandia, meski kalah dari Argentina tetap lolos ke babak 16 besar Piala Dunia setelah finis di peringkat kedua dengan poin empat.

Robert Lewandowski dan kolega ke babak 16 besar usai menang selisih gol dari Meksiko yang hanya menang 2-1 melawan Arab Saudi.

Duel Argentina melawan Polandia tampaknya tidak bersahabat untuk Lionel Messi. Sang pemain gagal mecetak gol meski mendapatkan beberapa kali peluang emas.

Salah satunya adalah menit ke-38, Melalui tendangan penalti. Szczesny dianggap melakukan pelanggaran terhadap Messi dalam upaya menjemput bola di udara. Messi maju sebagai algojo dan gagal.

Szczesny menebak arah tembakan Messi dengan tepat. Lompatannya sempurna untuk menghentikan tembakan sang superstar.

Adapun Man of The Match pada laga ini adalah Alexis Mac Allister. Dia menjadi sosok penting dalam kemenangan Tim Tango atas Polandia.

Allister sukses merobek gawang Biało-czerwoni tepat di menit ke-46. Kemudian, Julian Alvarez (67') menutup kemenangan La Albiceleste dengan gol berkelasnya.

Pada laga tersebut, Allister tampil konsisten sejak berada di atas lapangan untuk mengatur serangan Argentina di sektor lini tengah. Pemain Brighton itu juga kerap membantu pertahanan La Albiceleste.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penalti Gagal Messi

Argentina langsung menggebrak sejak awal babak pertama. Pada menit ke-10, Lionel Messi nyaris membuka keunggualan untuk Argentina.

Peman Paris Saint-Germain itu melepaskan tembakan dari sisi kiri ke tiang dekat, namun masih bisa ditepis Wojciech Szczesny.

Seperempat jam pertandingan laga berjalan, Argentina mendominasi penguasaan bola. Sedangkan Polandia sesekali melakukan serangan balik.

Bahkan, Lewandowski sampai harus menjemput bola untuk bisa menciptakan peluang. Namun, pertahanan Argentina masih sulit untuk ditembus.

Pada menit ke-33, Argentina nyaris bikin gol ketika korner Angel Di Maria langsung mengarah ke pojok atas gawang, tapi, dengan sigap Szczesny men-tip bola.

Pada menit ke-36, Sczcesny kembali menyelamatkan gawangnya ketika dia menepis bola tembakan Julian Alvarez yang masuk dari sisi kiri.

Semenit kemudian, Argentina mendapat penalti setelah Szczesny dianggap melanggar Messi saat menghalau bola di udara.

Messi yang jadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Bola tembakannya yang mengarah ke kiri mampu ditepis Szczesny dan berujung korner.

Pada menit ke-42, Argentina mendapatkan dua peluang sekaligus. Pertama dari tembakan Rodrigo De Paul namun bisa dihalau Szczesny.

Bola rebound kemudian disambar Alvarez tapi Szczesny kembali mampu membuat gawangnya tetap aman. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

3 dari 3 halaman

2 Gol di Babak Kedua

Di awal babak kedua, Argentina mampu membuka keunggulan menjadi 1-0. Adalah Alexis MacAllister yang mencatatkan namanya di paan skor setelah terima umpan silang dari sisi kiri pertahanan Polandia.

Ganas, Argentina menggandakan keunggulan pada menit ke-68. Julian Alvarez lepas dari enjagaan di dalam kotak penalti. Tendangan kerasnya ke pojok kanan atas gawang tak mampu dihalau Szczesny.

Pada menit ke-73, Argentina kembali mendapatkan peluang emas melalui Alvarez. Namun, tendangan keras masih tipis di samping kanan gawang Szczesny.

Pada menit ke-92, Nicolas Tagliafico nyaris memperlebar keunggulan Argentina Namun, tendangannya masih bisa diblok bek Polandia Jakub Kiwior.

Argentina terus mengendalikan permainan dan tak membuat Polandia leluasa. Hanya saja tak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga tuntas.

Hasil ini membawa Argentina lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup C. Lionel Messi cs mengoleksi enam poin hasil dari dua kemenangan. Sementara runner up jadi milik Polandia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS