Sukses

Momen Kocak Harry Maguire saat Wales vs Inggris, Umpan atau Tendangan ke Gawang?

Liputan6.com, Jakarta Harry Maguire menjadi sorotan ketika Inggris melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Kapten Manchester United itu dituding melakukan tindakan spekulatif yang konyol saat mencoba menendang bola yang justru menghasilkan lemparan ke dalam.

Tembakan percobaan Maguire ke gawang Wales begitu melebar, sehingga terjadi lemparan ke dalam. Momen itu menjadi sorotan sekaligus perbincangan warganet di babak pertama yang buruk antara Inggris dan Wales di Ahmad bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB.

Inggris sejatinya hanya membutuhkan satu poin kontra Wales untuk lolos ke babak selanjutnya. Sementara Wales mendapat tugas yang hampir mustahil karena mereka harus mengalahkan Inggris dengan empat gol atau lebih untuk tampil di babak 16 besar.

Fakta itu yang membuat pertandingan keduanya tampak membosankan sejak awal laga. Salah satunya saat Marcus Rashford membuang peluang mencetak gol. Padahal, striker Manchester United tinggal berhadapan dengan kiper Wales, Danny Ward, pada menit ke-15. Ward akhirnya dapat mengantisipasi serangan Rashford dengan baik.

Sementara Maguire mencoba mengambil bola dan melaju ke area penalti Wales di pertengahan babak pertama. Saat dia mendekati kotak 18 yard, pilihannya terbatas. Mantan bek Leicester City itu pun memutuskan melakukan tembakan ambisius ke arah gawang Wales.

Namun, percobaannya terlalu melebar sehingga menghasilkan lemparan ke dalam. Tak ayal, bukan mendapatkan apresiasi, banyak pihak justru bereaksi negatif atas upaya yang dilakukan Maguire.

Walau begitu, Maguire boleh bangga karena turut membawa Inggris melaju ke tahap selanjutnya. Inggris melangkah setelah menang 3-0 di akhir laga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kemarahan Fans

Fans bereaksi di media sosial tentang kualitas babak pertama antara Wales menghadapi Inggris. "Ini adalah pertandingan semua bintang Liga Premier terburuk, membosankan, setengah membosankan," tulis seorang penggemar Inggris di Twitter.

Yang lain men-tweet: "Pertandingan ini sedikit membosankan sejauh ini."

Penggemar ketiga menambahkan: "Pertandingan ini membuat saya frustasi!!!"

Orang lain berkomentar: "Babak pertama yang buruk antara Inggris dan Wales, sangat lambat, tidak ada kualitas apa pun. Sangat-sangat buruk."

Saat paruh babak terus berlalu, Inggris mulai mendominasi saat mereka mencari gol. Tapi, The Three Lions menghadapi pertahanan Wales yang bersemangat untuk menolak memberikan apa pun. Motivasi itu yang membuat kedua tim bermain imbang di babak pertama.

Namun, Wales sepertinya tak memiliki keberuntungan tambahan saat menjalani babak kedua. Mereka justru kehilangan keseimbangan ketika menghadapi setiap gempuran dari Inggris. Contoh kecilnya saat mereka kebobolan dua gol dalam tempo kurang dari dua menit. Pertama saat Rashford mencetak gol pada menit ke-50, kemudian Foden menggandakan keunggulan The Three Lions.

Fakta ini yang membuat Pelatih Wales, Rob Page, geram menyikapi performa anak asuhnya. Dia menuding timnya gagal mengusung motivasi seperti babak pertama.

Walau begitu, Page tetap memberikan pujian atas kerja keras yang sudah diberikan anak didinya sepanjang babak penyisihan. Suksesor Ryan Giggs itu menyebut Gareth Bale Cs telah melakukan segalanya, walau akhirnya tersisih sebagai juru kunci di Grup B.

3 dari 3 halaman

Maguire Sempat Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik saat Latihan

Maguire berubah menjadi pemain terbaik di dunia dalam pelatihan Inggris, dan para penggemar tidak dapat mempercayainya. Maguire berubah menjadi pemain terbaik di dunia selama lima detik dalam latihan Inggris dan para penggemar terpana dengan apa yang mereka lihat.

Meskipun kehilangan tempatnya di tim utama Manchester United, Maguire telah dimasukkan dalam skuad 26 pemain Gareth Southgate.

Mantan bek Leicester City dan Hull itu membuat para pendukung tidak percaya setelah melakukan permainan yang gila-gilaan dalam latihan.The Three Lions telah berlatih dalam suhu panas 33C yang intens, tetapi Maguire bergerak di seluruh pertunjukan dalam sebuah klip yang akhirnya menjadi viral.

Bek tengah itu mengelabuhi Bukayo Saka dalam permainan, kemudian menampilkan aksi ala mendiang Diego Maradona sebelum menampilkan kemampuan menggiring bola yang luar biasa.

Dia kemudian berhasil memberikan ruang untuk tembakan dan memaksa Nick Pope melakukan penyelamatan atas sepakan Maguire. Itu adalah aksi yang mengejutkan begitu banyak penggemar dan menyebabkan banyak reaksi online.

Dengan penguasaan bola yang begitu indah, tak heran jika Erik ten Hag menurunkan pemain berusia 29 tahun itu sebagai striker cadangan bersama Cristiano Ronaldo melawan Real Sociedad.

Maguire hanya tampil empat kali sebagai starter di semua kompetisi musim ini, dengan Lisandro Martinez, Raphael Varane, dan Victor Lindelof di depannya dalam urutan kekuasaan.

Namun, Southgate selalu mendukung Maguire. Southgate yakin dia adalah "salah satu bek tengah terbaik Inggris".

“Kami tahu di dalam skuad kami memiliki banyak pemain yang pernah mengikuti turnamen sebelumnya, tampil di level ini, tahu apa yang dibutuhkan,” cetus Southgate. "Kami memiliki pemain lain yang bermain bagus dan kami harus menyeimbangkan semua itu di tim kami."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS