Sukses

Klasemen Grup H Piala Dunia 2022 Setelah Portugal Benamkan Uruguay

Liputan6.com, Jakarta Portugal berhasil meraih kemenangan atas Uruguay pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022 Qatar. Bermain di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB, Portugal menang dengan skor 2-0.

Bruno Fernandes memborong kedua gol portugal untuk membawa negaranya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Gol pemain Manchester United itu tercipta pada menit ke-54 dan menit 90+8.

Khusus untuk gol pertama, pada awalnya sempat tercatat atas nama Cristiano Ronaldo yang membuatnya sejajar dengan pencetak gol terbanyak Portugal di Piala Dunia Eusebio (9 gol).

Namun, meski sang striker bintang mengisyaratkan bahwa ia melakukan sentuhan akhir, tayangan ulang menunjukkan bahwa kapten Portugal itu, tidak menyentuhnya dan gol tersebut diberikan kepada Fernandes.

Gol kedua Fernandes, kemudian tercipta melalui tendangan penalti. Gol tersebut sekaligus mengubur ambisi Uruguay pada pada meit-menit terakhir gencar melakukan serangan.

Kemenangan 2-0 pun menempatkan Portugal di puncak klasemen dengan poin enam dari dua pertandingan. Pada laga pamungkas, Portugal bakal menghadapi Korea Selatan.

Uruguay, sementara itu, harus mengalahkan Ghana dalam upaya mereka untuk mendapatkan tempat di babak 16 besar. Luis Suarez dan kolega kini berada di dasar klasemen dengan poin satu dari dua pertandingan.

Cuma kemenangan yang mampu mengantarkan Uruguay ke babak 16 besar. Selain itu, mereka juga berharap agar Portugal mpu mengalahkan Korsel.

 Pos Negara  Main  Menang  Seri  Kalah  Gol  Poin 
 1  Portugal  2  2  0  0  5-2  6
 2  Ghana  2  1  0  1  5-5  3
 3  Korea Selatan  2  0  1  1  2-3  1
 4  Uruguay  2  0  1  1  0-2  1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pertandingan Sengit

Pertandingan berlansung berjalan dengan tempo tinggi di awal babak pertama. Bahkan, pada 10 menit perama, Portugal melakukan dua percobaaan ke gawang, namun tak ada yang mengarah ke gawang.

A Selecao das Quinas sejatinya lebih dominan atas Uruguay dalam penguasaan bola. Di sisi lain, Edinson Cavani cs mampu merapatkan barisan pertahanannya dan membuat Portugal sulit masuk ke kotak penalti.

Sampai laga berjalan setengah jam, tak ada peluang berbahaya yang diciptakan Portugal. Uruguay juga belum mampu memberikan ancaman ke pertahanan juara Piala Eropa 2016 tersebut.

Baru pada menit ke-32, Uruguay sempat membuat jantung Portugal ketar-ketir. Pada momen tersebut, Rodrigo Bentancur membawa bola sendirian menuju kotak penalti Portugal.

Dia mengecoh tiga pemain sekaligus untuk menusuk ke kotak penalti. Namun, ketika berhadapan satu lawan satu dengan Diogo Costa, tembakannya membentur tubuh sang kiper. Costa berhasil menutup jalur tembak Bentancur dan menyelamatkan gawangnya dengan baik.

Portugal dan Uruguay terus melakuka sejumlah variasi untuk membongkar pertahanan lawan. Namun, hingga jeda belum ada gol yang tercipta. Skor sementara 0-0.

 

3 dari 3 halaman

Bruno Fernandes Sang Penentu

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-54, Portugal membuka keunggulan melalui Bruno Fernandes.

Tembakan dengan kaki kanan dari jarak jauh di sebelah kiri ke sudut kanan bawah berhasil membuat Sergio Rochet memungut bola dari gawangnya.

Pada menit ke-58, Uruguay mendapatka peluang. Varela melakukan pergerakan bagus di sisi kanan sebelum melepaskan umpan ke dalam kotak penalti.

Cavani mundur untuk membuat jarak dengan Pepe dan kemudian melakukan tendangan voli namun, bola masih melebar ke tiang jauh.

Pada menit ke-74, Uruguay nyaris menyamakan kedudukan. Namun, tendangan Maximiliano Gomez masih menerpa mistar gawang Portugal.

Pada menit ke-90, Portugal mendapatkan hadiah penalti setelah Jose Gimenez menyentuh bola di dalam kotak penalti. Bruno Fernandes yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Portugal memimpin 2-0.

Pada menit 90+8, Bruno Fernandes nyaris membuat hattrick. Mendapatkan umpan dari Matheus Nunes, Fernandes dengan leluasa melepaskan tembakan kanan di sudut sempit sebelah kanan. Namun, bola masih bisa diamankan Rochet.

Pada sisa waktu yang ada, tak ada lagi gol yang tercipta. Portugal meang dengan skor 2-0. Kemenangan ini membuat emreka lolos ke babak 16 besar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS