Sukses

Pemecahan Rekor Langsung Terjadi di Pembukaan Kualifikasi SAC Indonesia 2022 Kalimantan

Ada 2.200 pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA atau sederajat dari 117 sekolah se-Kalimantan yang ikut berpartisipasi pada SAC Indonesia 2022 – Kalimantan Qualifiers.

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 kini mulai menyapa para pelajar di pulau Kalimantan. Sebelumnya SAC sukses menggelar kualifikasi di Bali-Nusa Tenggara, Papua dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ada 2.200 pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA atau sederajat dari 117 sekolah se-Kalimantan yang ikut berpartisipasi pada SAC Indonesia 2022 – Kalimantan Qualifiers, yang berlangsung pada 28 hingga 30 Oktober. Event ini dilangsungkan di Lapangan JPOK Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarmasin.

Lima nomor olahraga atletik yang diperlombakan adalah sprint, middle distance, relays, long jump, dan shot put. Serta dua supporting event, yakni Formula One dan Kanga’s Escape. 

Pada hari pertama, Jumat (28/10), langsung dipertandingkan babak penyisihan 10 nomor lari. Terdiri dari nomor lari 60 meter bagi pelajar putra dan putri tingkat SD, penyisihan nomor lari 80 meter dan 800 meter putra dan putri tingkat SMP, serta penyisihan nomor bergengsi lari 100 meter putra dan putri tingkat SMA.

Sementara untuk nomor lapangan, diperlombakan tolak peluru kelompok putra dan putri tingkat pelajar SMP, serta lompat jauh kelompok putra dan putri tingkat pelajar SMA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Winney Maharati Ruuny

Berbeda dengan nomor lari yang harus menggelar babak penyisihan terlebih dahulu untuk mendapatkan para finalis yang akan berlomba lagi pada hari penutupan, Minggu (30/10). Nomor lapangan tolak peluru dan lompat jauh, langsung menggelar final hingga menghasilkan pemenang.

Terjadi pemecahan rekor Energen Champion SAC Indonesia 2022 dari nomor lompat jauh putri jenjang SMA. Atas nama Winney Maharati Ruuny. Siswi SMAN 1 Tanjung, Kabupaten Tabalong ini berhasil mencatatkan lompatan sejauh 4,7 meter.

Tak hanya mengantarkan dirinya naik podium juara dan berhak mewakili Kalimantan Qualifiers pada National Championship di Jakarta pada Desember mendatang. Lompatan 4,70 meter Winney untuk sementara tercatat sebagai yang terjauh. Diantara lompatan para champion dari tiga kualifikasi wilayah yang telah terselenggara. Yakni Bali-Nusa Tenggara Qualifiers (Mataram), Papua Qualifiers (Mimika) dan Yogyakarta Qualifiers (Yogyakarta).

Selain Winney, posisi tiga terbaik secara nasional untuk sementara ini dihuni oleh Tina Safira Lanasari dari SMAN 1 Sakra (Bali-Nusra Qualifiers) di urutan kedua dengan jarak lompatan 4,39 meter, serta Diana Silfia dari SMKS Kesehatan Cipta Bhakti Husada (Yogyakarta Qualifiers) pada posisi ketiga dengan lompatan 4,20 meter.

 

3 dari 4 halaman

Nomor Lain

“Sempat deg-degan saat perlombaan tadi. Tetapi saya coba berkonsentrasi dan mencoba melompat sejauh mungkin. Saya tidak menyangka kalau lompatan saya terbaik diantara tiga wilayah Qualifiers lainnya," komentar Winney usai lomba.

Dari persaingan lompat jauh putra tingkat SMA, podium juara berhasil direbut oleh Dwi Prayoga. Datang jauh-jauh dari Kalimantan Tengah ke Banjarmasin dengan menempuh perjalanan lebih dari 700 kilometer, siswa SMAN 1 Sukamara ini sukses melakukan lompatan terjauh dengan catatan 5,31 meter. Ia hanya terpaut 0,01 meter dari Eugenius Reba Bata wakil SMAN 4 Banjarbaru yang memastikan podium kedua.

Sedangkan peringkat ketiga menjadi milik M. Ade Lutfhi Amin dari SMAN 3 Banjarbaru dengan  torehan lompatan sejauh 4,91 meter. Pada Kalimantan Qualifiers kali ini, tercatat sebanyak 25 atlet tampil di nomor lompat jauh putra kategori SMA.

Opening Ceremony Energen Champion SAC Indonesia 2022 - Kalimantan Qualifiers juga dimeriahkan oleh Tarian Baksa Kembang. Tarian ini memiliki makna menyambut tamu kehormatan. Di akhir penampilan, para penari memberikan rangkaian Kembang Bogam kepada Ketua Pengprov PASI Kalsel sebagai simbol kehormatan. 

 

4 dari 4 halaman

Dikirim ke Luar Negeri

Energen Champion SAC Indonesia 2022 adalah kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air yang bertujuan menjaring bibit potensial dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali-Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), West Java (Bandung), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Central Java (Semarang), dan East Java (Surabaya).

Pelajar berstatus winner dan runner-up untuk semua nomor lomba tingkat SMA akan mewakili wilayahnya masing-masing bersaing pada tingkat nasional yang akan digelar di Jakarta, Desember mendatang. Pemenang tingkat nasional akan diberangkatkan mengikuti pemusatan latihan ke fasilitas sports science ternama di Australia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.