Sukses

Brasil di Urutan Pertama, Ini Daftar 10 Tim dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia

Brasil menjadi satu-satunya negara yang selalu tampil di Piala Dunia. Negeri Samba ini juga menjadi favorit untuk jadi juara Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Jerman dapat melampaui Brasil sebagai negara pencetak gol terbanyak di Piala Dunia FIFA di Qatar 2022. Die Mannschaft menuju Timur Tengah hanya tiga gol di belakang Selecao di 10 besar.

Kedua tim sejauh ini merupakan negara paling produktif di turnamen FIFA selama 21 edisi terakhir. Argentina tertinggal 89 gol di belakang Jerman untuk mendapatkan tempat di dua besar dengan rival Amerika Selatan mereka, Brasil. Dan Italia adalah negara Eropa terbaik berikutnya.

Hanya Brasil dan Jerman yang mencetak lebih dari 200 gol di Piala Dunia di seluruh penampilan mereka sebelumnya. Selecao dan Die Mannschaft juga merupakan dua tim paling sukses. Brasil membanggakan rekor lima gelar sementara Jerman dan Italia telah mengangkat empat.

Brasil belum menambah lemari trofi mereka sejak merebut gelar tahun 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Jerman, sementara itu, memenangkan Piala Dunia terakhir mereka pada 2014 di Brasil, sebelum Prancis mengklaim mahkota kedua mereka di Rusia 2018. Argentina terakhir memenangkan Piala Dunia pada 1986.

Prancis sekarang akan berusaha mempertahankan gelar terbaru mereka di Qatar 2022. Tapi Les Bleus juga bisa bergerak di atas Italia sebagai salah satu negara dengan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Azzurri gagal lolos ke edisi ke-22 setelah kalah dari Makedonia Utara di semifinal play-off UEFA Path C.

Butuh Piala Dunia yang luar biasa bagi negara lain untuk menyalip Italia sebagai salah satu negara dengan pencetak gol terbanyak. Jadi, dengan mengingat hal itu, siapa yang paling banyak menyarangkan bola ke gawang hingga saat ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peringkat Tiga Teratas

1. Brasil - Rekor juara Piala Dunia dan Tim Pemegang Top Skor

Brasil menuju ke Qatar sebagai rekor juara dan negara pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Selecao telah mencetak 229 gol dari 21 penampilan mereka di turnamen FIFA. Bangsa Amerika Selatan adalah satu-satunya negara yang tampil di setiap Piala Dunia hingga saat ini.

2. Jerman - Die Mannschaft Bisa Jadi Negara Terbaik di Piala Dunia 

Jerman akan menjadi negara pencetak gol terbanyak di Piala Dunia jika mereka mengungguli Brasil dengan empat gol di Qatar. Die Mannschaft menuju ke Timur Tengah dengan 226 gol dari 19 edisi. Mereka tidak bermain di Piala Dunia 1930 atau 1950 tetapi telah memainkan 109 pertandingan seperti Brasil.

3. Argentina - La Albiceleste Perlu Banyak Perbaikan untuk Menyalip Dua Negara di atas

Argentina memiliki banyak kesempatan untuk mengimbangi Brasil dan Jerman sebagai negara dengan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. La Albiceleste menempati peringkat ketiga menuju Piala Dunia Qatar 2022, namun sejauh ini hanya mencetak 137 kali. Mereka juga hanya memainkan 81 pertandingan dari 17 edisi sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Dua Tim Lain di Lima Besar

4. Italia - Azzuri Bisa Tergelincir dari 5 Besar

Italia adalah negara Eropa terbaik kedua di belakang Jerman tetapi bisa tergelincir hingga ke 10 besar setelah gagal lolos pada 2022. Azzurri telah mencetak 128 gol di lebih dari 18 turnamen di masa lalu. Mereka juga mencatat 12 gol dalam perjalanan menuju gelar Piala Dunia pada tahun 1934, 1982 dan 2006.

5. Prancis - Pemenang Piala Dunia 2018 Dapat Naik Peringkat

 Prancis bisa mencapai lebih dari sekadar mempertahankan gelar Piala Dunia mereka di Qatar jika Les Bleus mencetak sembilan gol. Sisi Didier Deschamps pergi ke semenanjung Arab dengan 120 gol dalam 66 pertandingan lebih dari 15 turnamen. Les Bleus mencatatkan 15 dan 14 gol dalam perjalanan meraih gelar pada 1998 dan 2018.

4 dari 5 halaman

Spanyol dan Inggris Menempati Peringkat 6 dan 7

6. Spanyol - Pemenang Piala Dunia 2010 Hanya Butuh Satu Gol untuk Mencapai Tiga Digit

Spanyol tinggal satu gol lagi untuk mencapai tiga digit atas penampilan mereka di Piala Dunia FIFA. La Roja sejauh ini telah mencetak 99 gol dalam 63 pertandingan lebih dari 15 edisi. Pada Piala Dunia 1986 Meksiko, menjadi edisi paling produktif bagi Spanyol dengan 11 gol. Dan mereka hanya mencetak delapan di Piala Dunia Afrika Selatan 2010.

7. Inggris - Harry Kane Memenangkan Sepatu Emas di Piala Dunia Rusia 2018

Inggris menuju ke Piala Dunia Qatar sebagai negara ketujuh yang paling produktif dan dikapteni oleh pemenang Sepatu Emas 2018, Harry Kane yang mencetak gol paling sering di Rusia dengan enam gol. Namun penyerang Tottenham Hotspur itu tidak mencetak gol di luar babak 16 besar.

Kane juga mencetak tiga penalti di Piala Dunia 2018 dan dia mendapat keuntungan dari tendangan yang memantul. Gareth Southgate akan berharap dia sama akuratnya dari jarak 12 yard di Qatar seperti upaya Inggris untuk membangun 91 gol mereka di Piala Dunia. The Three Lions telah memainkan 69 pertandingan sejauh ini.

5 dari 5 halaman

Tiga Terakhir di 10 Besar

8. Uruguay dan Hungaria - La Celeste Dapat Meninggalkan Magyarok di Belakang

Uruguay dapat meninggalkan Hongaria di kaca spion mereka di Qatar untuk mengklaim tempat kedelapan sebagai negara pencetak gol terbanyak Piala Dunia. La Celeste dan Magyarok sama-sama memiliki 87 gol. Namun Hungaria belum tampil di turnamen FIFA sejak edisi 1986 yang diadakan di Meksiko.

Rekor Hungaria sangat dipengaruhi oleh penampilan mereka di edisi 1938 dan 1954 di mana mereka mencapai final. Magyarok mencetak 15 gol di Prancis 1938 sebelum kalah dari Italia. Mereka kemudian membuat 27 tembakan yang mencengangkan di Swiss 1954 sebelum kalah dari Jerman.

10. Belanda - Calon Lawan Terkuat Qatar di Grup A

FIFA telah menarik Qatar bersama salah satu negara pencetak gol terbanyak di Piala Dunia di Grup A bersama Belanda. Belanda sejauh ini telah mencetak gol sebanyak 86 kali dalam 10 penampilan mereka. Mereka juga kalah di final sebanyak tiga kali tanpa pernah menang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.