Sukses

PSG Jaga Kebugaran Fisik Pemainnya Menjelang Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta- Ketatnya jadwal menjelang jeda Piala Dunia 2022 membuat pelatih Paris Saint-Germain, Christophe Galtier sangat berhati-hati soal fisik para pemainnya.

Wajar saja Galtier bersikap demikian karena banyak pemain PSG yang jadi andalan beberapa negara. Mereka tentunya berharap tidak ada pemainnya yang cedera saat membela PSG dengan jadwalnya yang padat klub kaya tersebut. Apalagi Piala Dunia 2022 di Qatar hanya tinggal 7 minggu dari sekarang.

Pelatih tim nasional Prancis, Didier Deschamps misalnya telah meminta PSG untuk lebih sering mengistirahatkan Kylian Mbappe jelang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Keputusan itu menurut Deschamps itu tidak hanya bagus buat Les Bleus, tapi juga bagi Mbappe sendiri, dengan ia akan lebih siap dan terhindar dari ancaman cedera yang bisa membuatnya tidak ikut terbang ke Qatar.

Permintaan Deschamps tentu dengan mengetahui ketatnya jadwal PSG yang masih harus melakoni 11 laga, termasuk sembilan di bulan Oktober saja, karena risiko cedera secara signifikan lebih tinggi.

Dari 11 laga tersebut, empat di antaranya merupakan pertandingan Liga Champions melawan Benfica (12 dan 22 Oktober), Maccabi Haifa (22 Oktober), dan Juventus (3 November).  PSG juga dijadwalkan menghadapi sesama penantang gelar Ligue 1 atau kasta tertinggi Liga Perancis yaitu Marseille pada 17 Oktober 2022. 

Laga melawan Marseille bisa menjadi salah satu yang menentukan persaingan juara Ligue 1 musim ini. Kylian Mbappe pun berpotensi dimainkan oleh Galtier.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kondisi Fit

Deschamps menyadari arti penting Kylian Mbappe untuk PSG. Namun, seperti halnya di PSG, Mbappe juga menjadi pemain pilar di timnas Prancis.  Namun ia mengharapkan Mbappe menatap Piala Dunia 2022 Qatar dengan kondisi fit.

"Saya tahu dia (Galtier) masih ingin memainkan Kylian," kata Deschamps, dilansir dari Daily Mail

Tapi dari waktu ke waktu, untuk bisa bernapas sedikit, untuk memiliki menit bermain lebih sedikit, itu tidak akan mengecewakan," ucap Didier Deschamps. 

Dari 11 pertandingan yang sudah dimainkan PSG musim ini di semua kompetisi, Mbappe tercatat sembilan kali memperkuat tim berjuluk Les Parisiens itu dan bermain penuh selama enam laga. Kylian Mbappe juga sudah menorehkan 10 gol untuk PSG musim ini.

Tujuh gol di antaranya dicetak di Ligue 1 dan membuatnya menempati peringkat dua dalam daftar top skor Ligue 1. Mbappe hanya berjarak satu gol dari rekan setimnya, Neymar, yang berada di urutan teratas top skor Ligue 1 2022-2023.

3 dari 4 halaman

Diperhatikan

Menurut Galtier, kebugaran para pemain PSG menjadi hal yang sangat diperhatikan dengan serangkaian pertandingan yang beruntun itu. Dimulai dengan laga Ligue 1 melawan Nice akhir pekan ini.

PSG memiliki banyak pemain yang bersaing untuk bermain di Piala Dunia. Lionel Messi, Neymar Jr., Kylian Mbappe, Keylor Navas, Achraf Hakimi dan Renato Sanches dipastikan akan tampil bersama tim nasional masing-masing.

Lalu ada beberapa pemain Spanyol seperti Sergio Rico, Sergio Ramos, Carlos Soler, Fabian Ruiz dan Pablo Sarabia akan bersaing untuk mendapatkan tempat di skuad La Roja asuhan Luis Enrique.

PSG sendiri sejauh ini tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan mereka di semua kompetisi. Rekor 10 kali menang merupakan awal yang baik di bawah kepemimpinan Galtier.

4 dari 4 halaman

Rawan Cedera

Rekor itu bisa terancam bulan depan dengan jadwal Sembilan pertandingan dalam sebulan, termasuk tiga diantaranya di Liga Champions.

Situasi yang rawan cedera bagi pemain, dan dengan dekatnya kick-off Piala Dunia, tak hanya klub yang dirugikan jika terjadi situasi seperti itu tapi juga tim nasional negara para pemain.

Permintaan serupa, seperti disampaikan oleh Deschamps, juga dilontarkan oleh Federasi Sepakbola Argentina (AFA). Mereka meminta semua klub Eropa yang memiliki anggota timnas mereka untuk memberi anggota mereka waktu istirahat.

AFA dilaporkan telah memberikan surat resmi kepada tim Eropa yang memiliki pemain timnas Argentina di skuad mereka. Seperti dilansir La Albiceleste Talk, AFA dikabarkan meminta klub tersebut untuk tidak memainkan pemain Argentina di laga terakhir mereka pada bulan November mendatang.

Selain meminta waktu istirahat untuk pemain nasional mereka, dengan tidak dimainkan pada laga terakhir tersebut AFA juga berharap mereka bisa langsung bergabung dengan timnas Argentina.

Staf dan pelatih timnas Argentina sendiri dikabarkan akan segera menuju ke Qatar pertengahan November mendatang. Dimana mereka akan segera melakukan latihan terpusat untuk menyambut Piala Dunia 2022.

Argentina yang masuk Grup C bersama Polandia, Meksiko dan Arab Saudi menjadi tim terkuat untuk lolos dari penyisihan grup.

PSG dengan kedalaman skuadnya yang luar biasa tentu punya banyak opsi, dan Galtier mudah melakukan rotasi untuk menjaga pemain utamanya tetap segar saat berangkat ke Qatar membela timnas-nya masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.