Sukses

Erick Thohir dan Anindya Bakrie Pegang Saham Mayoritas Klub Liga Inggris Oxford United

Liputan6.com, Jakarta Erick Thohir dan Anindya Bakrie diumumkan sudah resmi memiliki mayoritas saham klub sepakbola Oxford United, anggota divisi satu (League One) Liga Inggris. Berdasarkan hasil RUPS Oxford United, Selasa, 27 September 2022 kemarin di Oxford City, Inggris. Anindya dan Erick kini memiliki saham 51% di klub berjuluk The U's itu.

“Kami merasa terhormat mendapat kesempatan menjadi bagian dari Oxford United, sebuah klub sepakbola Inggris yang memiliki tradisi dan sejarah panjang serta reputasi yang membanggakan, khususnya bagi masyarakat di Oxford,” kata Anindya Bakrie.

Anindya mengaku pihaknya memang hadir di tengah situasi sulit yang dihadapi masyarakat Inggris dan Eropa setelah terdampak inflasi dan krisis energi akibat perang Rusia-Ukraina serta berbagai hal lainnya. “Ini justru menunjukkan komitmen kami dalam peningkatan hubungan negara antara Indonesia dan Inggris,” tukasnya.

Komposisi pemegang saham Oxford United sebenarnya masih sama. Ada pengusaha asal Thailand, Sumrith 'Tiger' Thanakarnjanasuth dan pengusaha Vietnam, Horst Geicke. Hanya saja sekarang orang Indonesia yang memimpin Oxford United.

Ini merupakan wujud nyata dari target yang sudah lama direncanakan, sejak Anindya dan Erick masuk ke Oxford United tahun 2018. Anindya dan Erick sendiri sudah lama berkolaborasi di bidang bisnis, seperti kiprah mereka di industri media tanah air.

Keterlibatan Anindya dan Grup Bakrie dengan institusi di Oxford memang bukan hal baru. Selain menjadi pemegang saham di klub Oxford United, Anindya juga bekerja sama dengan Oxford University dalam penelitian life science, selain dengan Larry Ellison Institute dan Tony Blair Institute. Ini sangat membantu para mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Oxford.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Panjang

Kiprah Bakrie Group di bidang olahraga juga tercatat cukup panjang. Selain Oxford United, sebelumnya grup Grup Bakrie turut memiliki klub sepakbola Brisbane Roar (Australia), SAD Deportivo (Uruguay), dan C.S. Visé (Belgia).

Di tingkat lokal, Grup Bakrie juga menaungi klub olahraga Pelita Jaya, dan saat ini ada Persija Jakarta dan Arema Malang. Anindya Bakrie juga dikenal sebagai Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

Pada bagian lain, Anindya juga menjelaskan tentang target Oxford United kedepan. “Ada empat hal yang menjadi fokus Oxford United. Pertama, dengan adanya manajemen baru yaitu Chairman baru Grant Ferguson dan CEO baru Tim Williams, kami berharap Oxford United kedepan bisa ‘on-the-pitch performance’ dan semua target bisa dicapai dengan baik," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Target

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.