Sukses

Barcelona Bakal Juara Liga Champions, Xavi: Kalau Nggak Mimpikan Itu Saya Pulang ke Rumah

Barcelona punya mimpi untuk juara Liga Champions, tapi Xavi Hernandez hati-hati dengan sebutan favorit untuk timnya.

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona akan memulai perjuangan untuk merangkai kejayaan di Liga Champions. Barca akan melakoni laga pertama melawan Viktoria Plzen di Camp Nou, Kamis (8/9/2022).

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez punya keyakinan tinggi soal peluang di Liga Champions. Dia sudah menganalisa terkait kondisi tim.

Xavi tak pernah mau menilai Barcelona sebagai salah satu tim favorit. Namun dia sadar target Barcelona adalah menjadi juara Liga Champions.

"Kami akan bekerja keras dan memimpikan juara Liga Champions, kalau tidak saya pulang ke rumah dan bersama keluarga saja," katanya seperti dikutip Marca.

"Saya ingin menang. Saya gak paham bagaimana berkompetisi kalau tidak juara. Namun Anda harus hati-hati sebut kami favorit. Ini kompetisi sulit," dia menambahkan.

Barca tergabung di grup neraka di Liga Champions. Selain Viktoria Plzen yang boleh disebut terlemah, Barca jumpa lagi dengan Bayern Munchen dan Inter Milan.

Munchen beri mimpi buruk bagi Barcelona musim lalu. Mantan klub Robert Lewandowski itu membuat Barca tersingkir untuk pertama kali di fase grup setelah puluhan tahun di Liga Champions.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Target Pertama

 

Xavi mengatakan target pertama Barca saat ini bisa lolos dari fase grup. Ini untuk melewati torehan musim lalu yang gagal lolos fase grup.

Liga Champions seakan menjadi mimpi buruk buat Barcelona. Di tiga musim terakhir, Barca alami banyak kekalahan buruk termasuk kalah 2-8 dari Bayern Munchen.

"Semua laga itu berbeda, tak sama dengan yang terjadi di Liverpool atau di Munchen. Kami akan mencoba tak mengulangi itu dan kami berusaha untuk bersaing," katanya.

"Kompetisi ini begitu menuntut. Kami ingin bersaing hingga akhir agar bisa menjadi juara."

 

3 dari 5 halaman

Rotasi

 

Xavi juga bicara soal rotasi pemain yang dilakukannya jelang lawan Viktoria Plzen. Eks gelandang Barca itu membenarkan bakal rotasi pemain.

"Bakal ada pergantian pemain karena beberapa pemain kelelahan. Duel melawan Sevilla seperti perang," katanya.

"Namun Marcos Alonso dan Hector Bellerin belum siap. Mereka butuh beberapa latihan lagi."

 

4 dari 5 halaman

Puji 2 Pemain

Secara khusus, pelatih Barcelona Xavi Hernandez menyoroti dua pemain usai laga melawan Sevilla di Liga Spanyol. Dia punya pujian spesial untuk Gavi dan Robert Lewandowski.

"Saya tak terkejut dengan penampilan Gavi karena saya melihatnya setiap hari di sesi latihan. Saya tahu apa yang bisa dilakukannya," kata Xavi seperti dikutip sport.

"Lewandowski tak hanya mencetak gol, tapi bagaimana gerakan dia tanpa bola, bagaimana dia menekan. Dia referensi spesial buat kami," dia menambahkan.

5 dari 5 halaman

Gavi dan Lewandowski

Xavi juga kembali bicarakan Gavi. Dia mengatakan wonderkid Barca itu pantas untuk menjadi pemain terbaik lawan Sevilla.

"Cara dia bermain, dia punya intensitas yang murni, personalitas, kerja keras, hati dan disiplin. Saya tak mau kurang fair dengan pemain lain, tapi mungkin Gavi terbaik malam ini," katanya.

"Lewandowski pemain fantastis, timing dia dan juga solusi yang dia berikan. Itulah tanda dia sangat matang, dia banyak membantu kami."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.