Sukses

Gara-gara McTominay, Casemiro Masih Dicadangkan di Laga MU vs Arsenal

Juru taktik Manchester United (MU) Erik ten Hag membeberkan alasan Casemiro masih jadi pemain cadangan di big match MU vs Arsenal. Pelatih berkepala plontos menilai Scott McTominay sedang dalam performa yang baik, sehingga ia memilih menurunkan pemain asal Skotlandia ketimbang eks bintang Real Madrid.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag mengungkap alasan Casemiro masih dicadangkan di laga kontra Arsenal dalam pertandingan pekan keenam Liga Inggris 2022/2023 pada Minggu (4/9/2022).

Seperti diketahui, eks bintang Real Madrid itu belum mendapat kesempatan turun sebagai starter sejak direkrut dari raksasa La Liga melalui kesepakatan senilai 70 juta poundsterling, atau setara dengan kurang lebih Rp1,1 triliun, pada Agustus lalu.

Pemain internasional Brasil sejatinya sudah tampil kala MU meladeni perlawanan Southampton dan Leicester City di matchday sebelumnya. Akan tetapi, Casemiro tak dimainkan sejak menit pertama.

Pesepak bola berusia 30 tahun diharapkan masuk dalam starting XI ketika MU menjamu Arsenal yang menyandang predikat sebagai pemuncak klasemen sementara. Sayangnya, Ten Hag berkata lain.

Juru taktik berlepala plontos masih enggan memberi kepercayaan pada Casemiro. Kondisi tersebut membuat Scott McTominay mampu mempertahankan posisinya dalam line-up utama The Red Devils bersama Bruno Fernandes dan Christian Eriksen.

Dilansir dari Metro, performa McTominay memang menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi keputusan Ten Hag. Mantan pelatih Ajax Amsterdam menilai penampilan penggawa asal Skotlandia sedang bagus-bagusnya.

Di sisi lain, Ten Hag juga belum yakin Casemiro sudah cukup beradaptasi dengan pola permainan yang ia terapkan dalam skuad MU.

“Dia (Casemiro) baru di tim (MU), dia harus beradaptasi dengan tim. Dia harus terbiasa dengan pola permainan sepak bola saya,” beber ten Hag jelang kick-off, seperti dilansir dari pemberitaan Metro.

“(Alasan) lainnya, Scott McTominay sedang bermain dengan sangat baik,” sambung manajer yang pernah menangani Utrecht itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Antony Jadi Starter

Situasi berbeda justru dialami rekan senegara Casemiro, Antony. Meski kedatangannya relatif lebih baru dibanding eks pemain Sao Paulo, Antony sudah dipercaya tampil sebagai starter melawan skuad racikan Mikel Arteta.

Sekadar informasi, Antony didatangkan ke Old Trafford pada pengujung bursa transfer musim panas tahun ini. MU rela menggelontorkan dana besar, yakni mencapai 86 juta poundsterling, demi membajak pemain asal Brasil dari Johan Cruyff Arena.

Ten Hag menganggap Antony sudah paham gaya permainan yang ia harapkan dari skuad MU. Oleh karena itu, juru taktik berusia 52 tahun tak ragu membiarkan sang pemain turun sejak menit pertama.

“Dia (Antony) tahu gaya (permainan) yang kami tampilkan dan hal apa yang kami tuntut serta harapkan,” ujar sang pelatih, dikutip dari Metro.

“Dia bisa menjadi ancaman ofensif berkat kecepatannya ketika satu lawan satu,” sambung Ten Hag saat membahas sang rekrutan anyar.

3 dari 5 halaman

Cetak Gol

Antony sukses membayar kepercayaan Ten Hag di laga kontra Arsenal. Pemain berusia 22 tahun tersebut sanggup membuka keunggulan bagi MU di menit ke-35, usai memanfaatkan umpan terobosan dari Marcus Rashford.

Dalam pernyataan pasca kemenangan Setan Merah atas Meriam London, Ten Hag kembali melontarkan pujian bagi mantan anak asuhnya di Ajax Amsterdam. Ia lagi-lagi membahas soal betapa Antony bisa menjadi ancaman bagi klub-klub lain di Liga Inggris.

“Saya pikir kita semua sudah melihat seberapa berbahayanya Antony. (Dengan) kecepatan dan kreativitasnya, saya rasa (dia) bisa menjadi ancaman nyata di Liga Inggris,” ujar Ten Hag seperti dilansir dari Metro.

“Kami (dulu) mendambakan seorang pemain di sayap kanan, karena semua penggawa yang bisa bermain di sana–seperti Jadon Sancho, Marcus Rashford–lebih memilih (beroperasi) di posisi tengah atau kiri.”

“Sekarang kami memiliki sosok yang bisa bermain dengan sangat baik di sayap kanan. Itu (kedatangan Antony) adalah hal yang melengkapi (skuad MU),” sambungnya.

4 dari 5 halaman

Kemenangan Beruntun

Hasil dominan yang didapat MU ketika menjamu tim besutan Mikel Arteta menandai kemenangan keempat berturut-turut bagi Setan Merah sejak awal musim 2022/2023.

Sekadar informasi, Bruno Fernandes dan kawan-kawan sempat mengawali kompetisi dengan catatan buruk. MU harus menelan pil pahit usai kalah dari Brighton dan Brentford dalam dua laga pertama.

The Red Devils baru bisa bangkit kala menghadapi Liverpool di pekan ketiga. Skuad asuhan Erik ten Hag berjaya 2–1 berkat gol dari Jadon Sancho dan Marcus Rashford.

Setelahnya, MU belum terkalahkan di Liga Premier. Mereka mampu merangsek ke urutan lima klasemen sementara, menyalip Chelsea yang hanya mampu bertengger di peringkat enam dengan torehan 10 poin.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.