Sukses

Jadwal UEFA Nations League, Senin (13/6/2022): Azerbaijan Vs Belarusia

UEFA Nations League bertujuan untuk meningkatkan kualitas sepak bola negara-negara Eropa. Ajang ini juga menjadi alternatif untuk menekan jumlah laga persahabatan, yang dinilai kurang mampu menghadirkan pengalaman memadai bagi pemain.

Liputan6.com, Jakarta UEFA Nations League atau Liga Nasional UEFA kembali menghadirkan duel-duel seru, Senin (13/6/2022). Negara-negara yang ambil bagian bakal saling sikut untuk menambah pundi-pundi poin. 

Melansir situs resmi UEFA, UEFA Nations League bertujuan untuk meningkatkan kualitas sepak bola negara-negara Eropa. Ajang ini juga menjadi alternatif untuk menekan jumlah laga persahabatan, yang dinilai kurang mampu menghadirkan pengalaman memadai bagi pemain.

Turnamen ini baru berlangsung sejak 2018 lalu. Tahun ini merupakan edisi ketiga di mana Prancis menyandang predikat sebagai juara bertahan setelah memenangkan UEFA Nations League 2020/2021. Sementara timnas Portugal menjadi juara pada edisi perdana yang berlangsung 2018 lalu.  

Seperti yang diketahui, UEFA Nations League mengadopsi prinsip promosi dan degradsi. Tim-tim dengan peringkat teratas akan menjadi penghuni Liga A. Sebaliknya, skuad yang lebih rendah bakal bermain di Liga D.

Berdasarkan hasil undian, Liga A diisi oleh Prancis, Denmrak, Krosia, dan Austria yang tergabung dalam Grup 1. Selanjutnya Grup 2 terdiri atas Spanyol, Portugal, Swiss, dan Republik Ceko. Grup 3 akan menampilkan persaingan Italia, Jerman, Inggris, dan Hungaria. Sedangkan Grup 4 diramaikan oleh Belgia Belanda, Polandia, dan Wales. (Simak pembagian grup selengkapnya di sini). 

Malam ini, Azerbaijan akan berhadapan dengan Belarusia. Azerbaizan sejauh ini masih berada di dasar klasemen Grup K dengan 1 poin. Sementara Belarusia berada di peringkat ketiga dengan 2 poin. 

Pada laga lainnya, UEFA Nations League juga akan mempertemukan Kazakhstan dan Slovakia. 

Jangan lewatkan jadwal pertandingan selengkapnya pada halaman berikutnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Hari Ini

Senin (13/6/2022)

21.00 : Kazakhstan Vs Slovakia (Astana Arena)

23.00: Azerbaijan Vs Belarusia (Dalga Arena)

 

Jangan lewatkan pertandingan-pertandingan UEFA Nations League lainnya. Untuk mengetahui jadwal lengkapnya, Anda bisa mendapatkannya lewat tautan ini.

3 dari 4 halaman

Swiss Mengejutkan

Sementara itu, kejutan terjadi pada laga matchday 4 Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23, Senin dini hari WIB (13/6/2022). Portugal harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari Swiss.

Gol tunggal Swiss dicetak Haris Seferovic saat pertandingan belum genap berjalan semenit. Swiss membuat kejutan ketika pemain Portugal belum siap.

Kemenangan ini menandai tiga poin perdana Swiss di kompetisi ini. Namun, hasil ini tidak mengubah posisi Swiss di dasar klasemen sementara Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23. Portugal, di sisi lain, harus rela disalip Timnas Spanyol di puncak klasemen sementara.

Spanyol pada laga lain sukses meraih poin penuh setelah berhasil mengalahkan Republik Ceko di La Rosaleda pada matchday 4 UEFA Nations League di Liga A Grup A2.

Pada laga itu La Furia Roja menang 2-0. Dua gol Spanyol pada pertandingan ini dicetak oleh Carlos Soler dan Pablo Sarabia.

Dengan hasil ini maka Spanyol berhak menduduki peringkat satu pada klasemen sementara Grup A2 dengan delapan poin. Sementara Ceko berada di posisi ketiga dengan koleksi empat poin

4 dari 4 halaman

Gol Cepat

Sementara itu, bermain di Stade de Geneve, Portugal tampil lebih dominan, tapi Swiss main lebih efektif. Serangan-serangan Portugal tidak bisa dituntaskan dengan baik.

Namun, pertandingan baru dimulai Swiss langsung membuat kejutan. Lewat serangan cepat Swiss dari sisi kanan, umpan silang Widmer disambut Seferovic di kotak penalti, dan gol.

Intensitas tinggi di awal babak pertama terus bertahan hingga pertengahan. Portugal mulai lepas dari tekanan dan balas menyerang, tapi tidak ada gol balasan hingga 45 menit pertama berakhir.

(Berita selengkapnya, bisa Anda dapatkan lewat tautan ini)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.