Sukses

Viral Bikin Sirkuit Formula E Bersih, Wanita Berbaju Kuning Diundang ke Balai Kota

Mbak Rani sempat viral karena aksinya membersihkan Sirkuit Formula E Ancol diunggah Wagub DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta- Perhelatan Formula E Jakarta di Ancol pada Sabtu (4/6/2022) relatif bersih dari sampah di tribun maupun area sekitar sirkuit. Kebersihan yang tetap terjaga ini tak lepas dari jasa para relawan yang sigap memunguti sampah dan menghimbau penonton tak membuang sampah sembarangan.

Selama perhelatan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit memang ada pasukan berwarna kuning yang bertugas menjaga kebersihan. Dari pantauan Liputan6.com, saat itu pasukan berseragam kuning tersebar di beberapa titip kerumunan penonton Formula E.

Mereka bukanlah petugas kebersihan yang direkrut pengelola. Pasukan berbaju kuning ini merupakan tim Saber (sapu bersih) yang diterjunkan Artha Graha Peduli. Seperti diketahui Artha Graha Grup memang menjadi salah satu sponsor lokal Formula E Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sampai dibuat kagum. Beberapa jam usai balapan, Wagub sempat mengunggah foto di Insta Story aksi seorang perempuan berbaju kuning anggota tim Saber yang sibuk membersihkan sampah. Wagub menanyakan kepada warganet sosok wanita tersebut.

Identitas wanita yang disorot Wagub akhirnya diketahui. Dia adalah Nuraini Setiawati atau yang akrab disapa Rani. Pada Kamis (8/6/2022), Rani dan perwakilan tim Saber diundang menemui Wagub di Balai Kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pujian Wagub

"Kami undang mereka ke Balai Kota agar menginspirasi saya dan kita semua," Kata Ariza, sapaan akrab Wagub, menerima kunjungan Tim SaBer di Balai Kota, Jakarta.

Ariza dalam pertemuan itu menyebutkan mbak berbaju kuning yakni Mbak Rani dan 261 relawan Tim Seber AGP lainnya bisa saja menonton balapan Formula E. Namun mereka memilih memungut sampah pada 3-5 Juni lalu. Peran Rani dkk juga menyukseskan Formula E.

"Kami mendalami banyak keteladanan dari Mbak Rani dan teman-teman yang tergabung dalam Tim SaBer AGP yang berhasil mendorong warga melakukan serupa," apresiasi Ariza.

3 dari 3 halaman

Peduli Lingkungan

Dalam kesempatan itu, Rani menyatakan pada awalnya sudah memiliki tiket untuk menonton Formula E. Namun ketika ada info dibuka relawan dari AGP untuk menjaga kebersihan, dirinya memutuskan menjadi relawan.

"Formula E ini kegiatan green ini yang juga harus diimbangi dengan yang green," kata Rani dalam keterangan tertulis.

Dalam pertemuan yang penuh keakraban ini hadir dari AGP yakni Ketua Umum AGP Heka Hertanto, Senior AGP Sylvia Hasan, Direktur SGA Ronny Leonard, Humas AGP Rini, Tim Saber AGP: Nuraini Setiawati (Rani), Icuk Jelaksito, Bartis, Ruri, Sugi Mulyanto, Chatarina, dan lain-lain.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.