Sukses

Kontraknya Hampir Habis, Christian Eriksen Ingin Pindah ke Klub Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta - Eks penggawa Inter Milan, Christian Eriksen, mengutarakan niatnya untuk kembali bermain di klub Liga Champions jelang bursa transfer musim panas.

Pesepak bola berusia 30 tahun ini akan kehabisan kontrak pada akhir musim. Kesepakatannya dengan Brentford hanya berlangsung selama enam bulan, terhitung sejak Januari 2022 lalu.

Seperti yang diketahui, Eriksen sempat menepi dari lapangan hijau usai mengalami serangan jantung kala membela Timnas Denmark di Euro 2020. Insiden itu membuatnya harus dipasangi alat pacu jantung.

Eriksen pun mau tak mau berpisah dengan Inter Milan. Pasalnya, tim dokter dari Komite Olahraga Internasional Italia tidak memberi restu kepada para pemain Serie A untuk menggunakan alat tersebut.

Selama masa pemulihan, Eriksen menghabiskan waktunya dengan berlatih bersama klub masa muda OB Odense dan akademi Ajax Amsterdam. Brentford menjadi klub pertama yang dibelanya usai dinyatakan pulih.

Memasuki akhir masa kontraknya bersama The Bees, Eriksen mulai menjadi subjek ketertarikan klub papan atas. Laporan Mirror mengeklaim Manchester United menaruh minat pada sang pemain internasional Denmark, menyusul penampilannya yang mengesankan di London Barat.

Eriksen nampaknya terbuka pada potensi transfer musim panas. Kendati demikian, mantan pemain Tottenham Hotspur ini juga punya ambisi terkait klub masa depannya. Eriksen mengaku akan senang jika berkesempatan bergabung dengan klub Liga Champions.

“Saya memiliki penawaran dan opsi berbeda yang kami pertimbangkan, dan kemudian kami akan membuat keputusan. Saya ingin bermain sepak bola di Liga Champions lagi. Saya tahu betapa menyenangkannya hal itu, tetapi itu tidak penting bagi saya,” ujarnya kepada Viaplay seperti dilansir dari Mirror.

2 dari 3 halaman

Pengalaman di Liga Champions

Eriksen memang punya pengalaman khusus di Liga Champions. Ia pernah menjejaki babak final kejuaraan sepak bola bergengsi Eropa kala masih mengenakan seragam Tottenham Hotspur.

Sayangnya, Eriksen bersama The Lilywhites harus mengubur impian untuk menjadi kampiun Liga Champions musim 2018/2019. Mereka dikalahkan oleh rivalnya di Liga Inggris, Liverpool, dengan skor akhir 0–2.

Eriksen hijrah ke Inter Milan usai membela Tottenham selama kurang lebih tujuh tahun. Ia diikat kontrak hingga 2024, tetapi harus hengkang lebih awal akibat regulasi pemain di Italia. Eriksen lantas bergabung dengan Brentford.

Ia tercatat telah membukukan 10 penampilan bersama The Bees, dan menjadi sosok penting yang membantu Brentford mengalahkan raksasa Liga Inggris Chelsea dengan 4–1 dalam laga lanjutan Liga Premier yang berlangsung di Stamford Bridge pada Sabtu (2/4/2022).

Dilansir dari Mirror, Eriksen juga berkontribusi meloloskan Brentford dari zona degradasi berkat catatan empat assist yang ditorehkannya. Adapun The Bees kini bertengger di urutan 11 klasemen sementara Liga Inggris dan akan melakoni laga terakhir melawan Leeds United pada Minggu (22/5/2022) malam WIB.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Brentford

Brentford menyadari peran penting yang dimainkan Eriksen musim ini. Juru taktik The Bees Thomas Frank bahkan sempat menyatakan keinginannya untuk memperpanjang masa tinggal playmaker asal Denmark itu di Brentford Community Stadium.

“Jelas Christian adalah pemain yang luar biasa, tetapi saya tahu bahwa saya akan menjawab pertanyaan itu mulai sekarang hingga akhir musim, mudah-mudahan kami bisa mengontraknya (lagi)," ujar Frank bulan lalu, seperti dilansir dari Mirror.

“Jika ia berakhir di klub lain, (keputusan) itu harus diterima. Saya pikir kami menjalaninya dengan mata terbuka, dan inilah hasil yang kami harapkan: dia (Eriksen) tampil fantastis, (klub) kami juga tampil baik, dan harapan lainnya adalah dia tampil (lagi) setelah musim panas,” sambung juru taktik asal Denmark itu.

Brentford kemungkinan harus bersaing dengan klub-klub populer jika masih ingin menggunakan jasa Eriksen. Selain Manchester United, laporan Daily Mail menyebut Eriksen juga mulai dikaitkan dengan kepindahan ke klub lamanya Tottenham Hotspur.