Sukses

Selain Menyehatkan, Minyak Jarak Juga Bermanfaat Buat Perawatan Rambut

Dikenal sebagai minyak jarak termasuk minyak nabati kaya nutrisi yang diperoleh dari biji jarak.

Liputan6.com, Jakarta Minyak jarak yang terkenal dengan khasiatnya dalam dunia kesehatan ternyata juga bermanfaat buat rambut. Jadi, minyak ini dapat dijadikan sebagai bahan perawatan rambut sehari-hari.

Sebenarnya minyak Ricinus communis atau yang akrab disebut minyak jarak ini sudah digunakan sebagai bahan perawatan rambut sejak zaman Mesir kuno. Dikenal sebagai minyak jarak termasuk minyak nabati kaya nutrisi yang diperoleh dari biji jarak.

Meskipun berasal dari Afrika Timur, minyak ini biasa digunakan pula dalam dunia kecantikan khususnya kosmetik dan pengobatan di India dan Hindia Barat.

Sementara itu, warna dari minyak ini biasanya transparan atau kuning pucat. Ada yang berwarna hitam atau disebut minyak jarak hitam itu karena tanaman jarak dipanggang atau direbus terlebih dahulu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek minyak jarak

Lantas apa kira-kira efek yang diberikan minyak jarak untuk rambut?

Seperti melansir Lifestyle Asia, Kamis (17/3/2022), di dalam molekul minyak jarak terdapat gliserol dengan asam lemak rantai panjang. Menurut dokter kulit, asam lemak sangat bagus untuk memperkuat folikel rambut.

Sementara itu, pada rambut terdapat lapisan luar batang yang ditutupi oleh struktur seperti sisik atau disebut kutikula. Lapisan itu bisa terkelupas dan melebar saat rambut rusak sehingga mengakibatkan rambut kusut dan kusam.

Nah, dengan minyak jarak semua permasalahan itu dapat teratasi. Minyak jarak mampu menutupi kutikula dan membuatnya lebih rata.

 

Manfaat minyak jarak

Minyak jarak sangat baik digunakan bila Anda ingin membuat rambut berkilau dan halus. Terlepas dari beberapa klaim tentang minyak dan pertumbuhan rambut ini, tidak ada penelitian atau bukti ilmiah bahwa minyak jarak benar-benar dapat menumbuhkan rambut.

Namun, di dalam minyak jarak pun terdapat asam risinoleat yang bisa membantu menyegel kelembapan sekaligus mendorong kulit kepala tetap bersih dan sehat.

 

Penggunaan minyak jarak

Selanjutnya untuk penggunaan, Anda bisa mengusap-usap minyak jarak di tangan kemudian mengoleskannya ke rambut hingga merata. Gunakan minyak jarak secukupnya dan jangan berlebihan. Karena minyak ini cukup kental, penggunaan terlalu banyak bisa membuat rambut licin atau berminyak.

Jika Anda khawatir menggunakan minyak jarak murni secara berlebihan, ada menggunakan beberapa produk yang mengandung minyak jarak, seperti sampo, kondisioner, masker rambut, dan serum.

Yang terpenting, lebih baik hindari penggunaan minyak ini pada rambut yang berketombe. Para ahli mengatakan, hal itu justru bisa memperburuk kondisi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini