Sukses

Setelah Banjir Kiriman Indomie, Pebulu Tangkis Denmark, Hans Vittinghus Kini Belajar Bahasa Indonesia

Kelas bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh BIPA sudah dimulai sejak 20 Januari 2022 dan diikuti oleh dua pebulu tangkis senior Denmark.

Liputan6.com, Jakarta Dua atlet bulu tangkis profesional asal Denmark, Hans-Kristian Vittinghus dan Mathias Christiansen, mengikuti kelas belajar bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BIPA) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

Dikutip dari media sosial BIPA Kemdikbud, kelas ini sudah dimulai sejak 20 Januari 2022 dan terdapat empat kelas dewasa dan dua kelas BIPA anak. Kelas ini dilangsungkan secara daring di KBRI Kopenhagen untuk warga Denmark dan Lithuania 2022. 

Kelar yang diselenggarakan oleh BIPA ini dipandu oleh pengajar yang sudah mendapatkan tugas oleh Badan Bahasa, yaitu Anggi Saputra Simorangkir, Fery Suhendro Hadi, dan Rizky Abrian. 

Para pengajar tersebut mengajar hingga tengah malam waktu Indonesia karena terdapat perbedaan waktu 6 jam antara Indonesia dan Denmark

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keseruan Belajar Bahasa Indonesia

Dalam kelas BIPA, Vittinghus sangat aktif dan sering menjawab dialog yang dilakukan dari tutor BIPA. Pengajar BIPA Kemdikbud ini juga kaget pada saat mengetahui atlet senior bulu tangkis ini mengikuti kelas bahasa Indonesia. 

Hans-Kristian mengaku sangat suka dengan Indonesia. Ia juga berkata bahwa Indonesia adalah salah satu tempat favoritnya untuk bertanding. 

“Karena saya cinta Indonesia,” ucap Hans. 

Pemain tunggal itu mencoba untuk menghafalkan kalimat yang diputar oleh tim BIPA. Kelas itu juga mengajarkan Vittinghus melakukan perkenalan singkat. 

“Halo nama saya Hans-Kristian. Nama panggilan saya Hans. Saya orang Denmark. Saya dari Solrød dan saya tinggal di Vallensbaek,” ucap Hans

3 dari 4 halaman

Prestasi Kedua Pebulu Tangkis Denmark

Hans-Kristian Vittinghus sudah menoreh sejumlah prestasi, yaitu medali emas pada European Men’s Team Championships di Almere pada tahun 2008. Juara spanish open di Spanyol pada tahun 2009 dan menjadi juara Irish Internasional di Irlandia pada tahun 2010. 

Sementara itu, prestasi tertinggi Mathias Christiansen pernah menjadi berada di ranking 4 dunia bersama dengan Christinna Pedersen pada sektor ganda campuran. Baru-baru ini, dia pernah menjuarai Swiss Open dan Orleans Master pada tahun 2021. 

 

4 dari 4 halaman

Dikirimi Indomie

Di Indonesia, nama Hans-Kristian mencuat saat dia membantu tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, pada kejuaraan di Thailand, tahun lalu. Saat itu, Vittinghus yang mengalahkan Lee Cheuk Yiu (Hong Kong) dan meloloskan Anthony ke BWF World Tour Finals.

Dan setelah kejuaraan berlangsung, Anthony pun kemudian memberi hadiah berupa mi instan Indomie kepada Hans Kristian. 

(Baca berita selengkapnya di sini)

 

Penulis: Jesslyn Koesman

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.