Sukses

Kejutan, Sulut Tantang DKI Jakarta di Final Basket Putra PON XX Papua

Sulut berhasil mengalahkan Jawa Tengah di babak semifinal dan lolos ke final bola basket PON XX Papua.

Liputan6.com, Jakarta- Tim basket putra Sulawesi Utara membuat kejutan besar di PON XX Papua 2021. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah ikut PON, tim basket putra Sulut sukses lolos ke perebutan medali emas.

Sulut melaju ke final basket putra PON 2021 setelah menang 65-57 atas Jawa Tengah di Mimika Sport Complex pada Kamis (7/10/2021). Di final, Sulut akan bertemu DKI Jakarta.

DKI lolos ke final setelah mengalahkan Jawa Timur di babak semifinal yang juga digelar Kamis. Adapun final akan berlangsung Sabtu 10 Oktober 2021.

Jateng sebenarnya tampil baik di awal pertandingan. Jateng unggul jauh 21-8 di akhir kuarter pertama. Meski membaik di kuarter dua, Sulut masih tertinggal delapan angka, 22-30.

Setelah jeda, Jateng masih mengendalikan pertandingan. Jateng terus menambah keunggulan dan menutup kuarter tiga dengan 48-39.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titik Balik di Kuarter 4

Situasi berubah di kuarter empat. Sulut kesetanan di kuarter terakhir. Perlahan pasti, Sulut bisa menyamakan skor menjadi 52-52 lewat Louis Golung.

Jateng pun makin tertekan. Sulut memanfaatkan situasi untuk berbalik unggul. Dua lemparan bebas Fernando Manangsang membuat Sulut meraih kemenangan 65-57.

Andrew Lensun jadi bintang lapangan dengan membuat 16 poin, tiga rebound dan satu assists. Di kubu Jateng, Dandung Pamungkas juga meraih 16 poin ditambah empat rebound.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.