Sukses

29 Peserta Positif Covid-19, Menpora : PON XX Papua Jalan Terus

Menpora memastikan PON XX Papua 2021 jalan terus meski ada atlet terkena Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta- Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021 mulai diganggu kasus virus corona Covid-19. Hingga Rabu (6/10/2021) sudah ada 29 peserta yang positif Covid-19. 

29 peserta PON 2021 yang terkena Covid-19 tersebar di empat klaster penyelenggaraan. Tak cuma atlet, tapi juga da ofisial dan panitia yang terkena Covid-19. 

Menanggapi mulai banyaknya kasus Covid-19 di PON XX Papua, Menpora Zainudin Amali memastikan ajang empat tahunan tersebut akan terus berlanjut. Dia tak cemas dengan adanya puluhan peserta yang terjangkit. 

"Apa yang saya saksikan semuanya berjalan lancar dan sesuai rencana. Belum ada sesuatu yg signifikan yang bisa membuat PON dibatalkan," kata Menpora Zainudin Amali dalam bincang-bincang virtual dengan Media Center PON XX di JCC Senayan. 

"Untuk menghindar tanpa ada yang terpapar tidak mungkin karena kita menggelar PON XX Papua ini di masa pandemi Covid-19. Yang bisa kita lakukan meminimalisir. Kami hanya bisa semaksimal mungkin untuk menjaga para atlet maupun ofisial terhindar dari penularan Covid-19, " lanjut Menpora. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Khawatir

Menpora juga tak khawatir dengan kondisi para peserta PON XX Papua yang sedang diisolasi karena positif Covid-19. 

"Mereka semua yang terlibat di PON XX Papua sudah divaksin dua kali. Jadi yang positif dalam kondisi baik. Sebagai contoh, ada atlet yang saat terinfeksi Covid-19 angka CT-nya 37," tegas Menpora. 

Untuk mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19, Menpora menginstruksikan protokol kesehatan terus diperhatikan tidak hanya para atlet tapi juga penonton. 

"Pertandingan tetap berlangsung, sementara protokol kesehatan tetap terjaga sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan," tutur Menpora. 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.