Sukses

Ricuh di Euro 2020 / 2021, Polisi Tangkap 49 Suporter

Timnas Italia akhirnya berhasil memenangkan Euro 2020 usai mengalahkan Inggris lewat adu penalti.

Liputan6.com, Jakarta Kemeriahan final Euro 2020 ternoda tingkah menyebalkan sejumlah fansnya. Mereka sempat terlibat keributan dengan petugas keamanan yang berjaga di Stadion Wembley, London, Inggris. 

Seperti dilansir dari ABC.net.au, sebanyak 49 orang telah ditangkap akibat insiden ini. Mereka sebelumnya terlibat keributan setelah memaksa masuk stadion meski tidak memiliki tiket laga.

Video-video yang tersebar di media sosial memperlihatkan kebrutalan suporter liar tersebut. Mereka merusak dan menghancurkan barikade yang dipasang panitia di depan pintu masuk Wembley. 

Bentrokan tidak dapat terhindarkan. Sebanyak 19 petugas keamanan termasuk sejumlah polisi dilaporkan terluka dalam keributan tersebut. Keributan juga sempat terjadi usai timnas Italia berhasil mengalahkan Inggris lewat adu penalti di mana ribuan penonton berkerumun di sekitar stadion. 

"Sejumlah petugas tetap bertugas, menolong fans meninggalkan Wembley atau pusat kota London. Kami di sana untuk menjaga keselamatan," tulis Kepolisian Metropolitan lewat akun Twitter-nya.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polisi Cepat Bertindak

Menurut mereka, lebih dari 60 ribu penonton memandati Wembley meski pandemi Covid-19 masih belum mereda. Setelah fans menerobos barikade, petugas kepolisian yang lain sedang menangani kericuhan lain yang berlangsung di luar stadion. "Langkah-langkah keamanan dengan cepat diaktifkan di area yang relevan dan tidak ada pelanggaran keamanan orang tanpa tiket masuk ke dalam stadion."

Rekaman-rekaman video memperlihatkan sejumlah fans menjebol pagar dan menerobos ke dalam stadion. Meski demikian, panitia menegaskan bahwa tidak ada penonton tanpa tiket yang berhasil masuk. Hanya saja wartawan masih mempertanyakan kehadiran rombongan pemuda berjumlah 30-40 orang yang sempat berdiri di depan tribune sebelum akhirnya diusir oleh steward pertandingan.

 

3 dari 4 halaman

Insiden Memalukan

"Orang-orang ini memalukan tim Inggris dan semua penggemar sejati yang ingin menikmati salah satu pertandingan terpenting dalam sejarah kami," kata juru bicara Asosias Sepak Bola Inggris, FA.

"Kami akan bekerja dengan otoritas terkait untuk mengambil tindakan terhadap siapa pun yang diidentifikasi secara ilegal memaksa masuk ke stadion," ujarnya menambahkan. 

 

4 dari 4 halaman

Italia Juara

Timnas Italia seperti diketahui akhirnya keluar sebagai pemenang Euro 2020. Gli Azzurri berhasil mengubur mimpi tuan rumah Inggris lewat adu penalti yang berkesudahan 3-2. Babak tostosan terpaksa ditempuh setelah kedua tim hanya mampu bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.