Sukses

Apa Itu Euro, Piala Eropa dan Ada yang Sebut Piala Euro?

Liputan6.com, Jakarta Euro 2020 / 2021 atau di Indonesia dikenal sebagai Piala Eropa bakal bergulir sebentar lagi. Turnamen sepak bola antarnegara Benua Biru itu bergulir di 11 negara, mulai Sabtu dini hari WIB (12/6/2021).

Seperti dilansir situs resmi UEFA, turnamen ini pertama kali digagas  oleh sekretaris jenderal Federasi Sepakbola Prancis, Henry Delaunay pada 1927. Namun, insiasi yang dilakukan Delaunay kala itu ternyata masih kalah pamor dengan hegemoni Piala Dunia 1930 yang berlangsung di Uruguay.

Akhirnya, setelah beberapa dekade, pada1960 Piala Eropa melangsungkan gelaran perdananya, ajang ini memiliki empat tim yang bersaing di putaran final dari 17 tim yang memasuki babak kualifikasi.

Turnamen ini dimenangkan oleh Uni Soviet. Kala itu Uni Soviet berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Yugoslavia di partai puncak dengan skor 2-1. Sejak gelaran pertama itu, trofi juara untuk tim pemenang akan diberikan dan juga untuk disimpan selama empat tahun, sampai edisi berikutnya.

Awalnya, turnamen ini bernama European Nations' Cup. Namun sejak 1968, namanya diganti menjadi European Championship atau Kejuaraan Eropa. Selain itu, sistem gugur home and away pada babak kualifikasi juga diganti menjadi sitem grup. Yang lolos kemudian tampil di semifinal dan final. 

 

 

2 dari 4 halaman

Perubahan Nama

European Championship juga dikenal dengan sebutan Euro atau di Indonesia disebut Piala Eropa. Sementara di situs pencari Google, tidak sedikit yang mencarinya lewat kata kunci Piala Euro. 

Untuk edisi Euro 2008 terjadi perubahan pada, trofi juara di mana trofi baru tersebut terbuat dari perak sterling. Sekarang beratnya 8 kilogram (18 pon) dan 60 cm (24 in) tinggi, menjadi tujuh inci panjang dan 1 paun lebih berat dari yang lama.

Sejatinya edisi tahun ini harusnya sudah digulirkan pada 2020 lalu. Namun akibat pandemi covid-19 yang menyerang global, turnamen antar pemain bintang Eropa ini terpaksa diundur hingga tahun ini.

Meski diundur, ajang ini tetap disebut Euro 2020.

 

3 dari 4 halaman

Edisi Ke-16

Piala Eropa kali ini akan menjadi edisi yang ke-16 dan merupakan yang perdana bakal dihelat di 11 negara dan 11 kota berbeda. Euro tahun ini bakal diikuti oleh 24 negara. Dengan belum usainya pandemi, kehadiran penonton di Euro 2020/2021 akan dibatasi. Minimal hanya 25% dari kapasitas stadion yang boleh dihadiri oleh para penggemar.

Pada perhelatan terakhir, Portugal mampu menjadi yang terbaik di Eropa setelah menjungkalkan Prancis dengan skor 1-0 di laga final Euro 2016 yang berlangsung di Stadion Stade de France, Paris, Prancis.

Penulis:  Akbar Bintang Fahrizal

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini: