Sukses

Liga Inggris: Wajah Van de Beek Murung, MU Perlu Ubah Formasi

Liputan6.com, Jakarta Saat Manchester United (MU) akan menggunakan pemain pengganti terakhir mereka ketika bertemu Chelsea di Old Trafford, pada laga lanjutan Liga Inggris, Sabtu 24 Oktober 2020 lalu, kamera sempat menangkap ekspresi wajah Donny van de Beek.

Gelandang muda MU yang direkrut dari Ajax musim panas ini, terlihat murung. Dia menyadari keterlibatannya pada pertandingan Liga Inggris itu, tidak akan lebih hanya sekadar jogging di touchline.

Van de Beek meninggalkan Ajax musim panas ini untuk mendapatkan kesempatan bagus di klub besar Eropa. Namun, kenyataannya waktu bermainnya berkurang di klub barunya itu.

Ketika Van de Beek menandatangani kontrak dengan MU dalam kesepakatan awal senilai 35 juta pounds, dia mengungkapkan bahwa Ole Gunnar Solskjaer secara pribadi telah memanggilnya untuk menjelaskan visinya.

Memang seringkali ada periode tertentu untuk perekrutan baru, meskipun biasanya lebih jarang menimpa pemain yang datang dari liga serupa seperti Belanda atau Jerman. Van de Beek pasti bisa berharap untuk memulai beberapa pertandingan bersama MU di Liga Inggris atau Liga Champions musim ini.

2 dari 6 halaman

Tak Perlu Khawatir

"Kalian tidak perlu khawatir akan hal itu [jam bermain Van de Beek]," ujar Solskjaer kepada Sky Sports saat ditanya kenapa jarang memainkan Van de Beek.

Keputusan Solskjaer jarang menggunakan pemain berusia 23 tahun sejauh ini memang dinilai aneh. Solskjaer dapat meminta dari bangku cadangan untuk membongkar pertahanan Blues yang dalam dan penuh determinasi.

3 dari 6 halaman

Menjanjikan

Penampilan awal Van de Beek di Old Trafford sebenarnya cukup menjanjikan. Dia tampil cukup mengesankan dalam dua pertandingan di Piala Carabao melawan Luton dan Brighton dan mencetak gol pada debutnya, dari bangku cadangan, melawan Crystal Palace.

Ketika itu Van de Beek masuk dengan sisa waktu pertandingan tinggal 23 menit, seperti yang dia lakukan saat kalah melawan Tottenham tiga minggu lalu. Tapi, di Brighton dan PSG di Liga Champions Van de Beek datang dalam tahap akhir, namun kemarin dia adalah pemain pengganti yang tidak digunakan.

4 dari 6 halaman

Pilihan Terbatas

Tidak diragukan lagi Van de Beek sebenarnya bisa menambah kualitas skuat MU, tetapi dia perlu diberi kesempatan untuk membuktikannya dan sementara ini Solskjaer juga masih mendukungnya di depan umum.

Solskjaer memang memuji keserbagunaannya, tetapi tampaknya enggan memainkannya di posisi lini tengah yang lebih dalam. Jika Solskjaer tidak akan memainkan Van de Beek di salah satu peran itu, maka pilihannya sangat terbatas, mengingat pentingnya Bruno Fernandes bagi MU.

5 dari 6 halaman

Kepercayaan

Mendapatkan keseimbangan di lini tengah kanan masih menjadi masalah yang akan membebani Solskjaer, terutama karena pengaturan saat ini yang membuat Paul Pogba dan Van de Beek di bangku cadangan.

Fred dan McTominay memang cukup kokoh tetapi kadang-kadang dibutuhkan sedikit lebih banyak kreativitas. Mempercayai bakat Van de Beek dalam peran lini tengah yang lebih dalam akan menjadi tanda niat yang lebih besar.

6 dari 6 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini