Sukses

Jurnalis Italia Ungkap Besarnya Tawaran Real Madrid yang Ditolak Messi

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi telah lama menjadi ikon Barcelona. Sulit rasanya membayangkan tim asal Catalunya itu tanpa kehadiran La Pulga.

Sejak kecil, Messi tidak pernah berganti klub. Dari akademi, ke tim usia muda, hingga melangkah ke level profesional, pemain Argentina itu selalu berseragam Blaugrana.

Sejak Ronaldinho meninggalkan Barcelona pada 2008 lalu, Messi menjadi sosok yang paling menonjol di skuat Blaugrana. Bersama Barcelona, Messi berhasil meraih sederet prestasi, baik di liga domestik maupun Eropa.

Banyak klub yang berniat mendatangkan Messi. Bahkan musuh bebuyutan, Real Madrid juga ternyata pernah kepincut kepadanya.

Jurnalis olahraga asal Italia, Gianluca Di Marzio, seperti dilansir dari Marca, menyebutkan bahwa Messi sempat masuk dalam rencana besar Presiden Real Madrid, Florentino Perez, pada tahun 2013 lalu.

 

2 dari 5 halaman

Tawaran Real Madrid

Menurut Di Marzio, tawaran yang diajukan kepada Messi saat itu bahkan sangat fantastis.

"Proposal dari Presiden Real Madrid, Florentino Perez, disampaikan pada tahun 2013 dan dia menawarkan angka 250 juta euro (sekitar Rp 4,3 triliun untuk kurs saat ini) untuk pemain Argentina itu," katanya dalam bukunya berjudul "Grand Hotel Calciomercato".

"Uang itu awalnya untuk tujuan pembangunan kembali Santiago Bernabeu," tulisnya.

 

3 dari 5 halaman

Tanggapan Messi

Saat itu, Messi tengah menikmati puncak kejayaan bersama Barcelona. Karena itu, dengan cuek, Messi menolak mentah-mentah penawaran yang diajukan oleh Los Blancos.

"Dia meresponsnya secara terang-terangan, dia pada dasarnya berkata,'Saya tidak akan ke Real Madrid, Anda buang-buang waktu',," tulis Marzio.

Penawaran Real Madrid ini sebenarnya sudah sempat diperdebatkan oleh Football Leaks pada tahun 2008. Namun Di Marzio berusaha menjelaskan situasi yang terjadi saat itu.

 

4 dari 5 halaman

Diintai Banyak Klub

Sebenarnya, bukan hanya Real Madrid yang mencoba membajak Messi dari Barcelona. Sejumlah klub lain juga pernah berusaha menjauhkan La Pulga dari Camp Nou.

Mantan Presiden Inter Milan, Massimo Moratti sebelumnya juga terang-terangan mengaku ingin mendatangkan Messi ke timnya. Selain itu, Chelsea, Paris Saint Germain, Manchester City juga pernah mencoba membajak Messi.

Juni lalu, Messi kembali masuk dalam pusaran bursa transfer setelah mengajukan keinginannya meninggalkan Barcelona. Sejumlah klub sudah sudah antre untuk mendapatkan Messi yang bersikeras ingin meninggalkan Camp Nou dengan status bebas transfer. Namun Barcelona menilai kesempatan itu sudah tertutup karena klausul yang mengaturnya sudah kadaluarsa.

Messi pun enggan meladeni Real Madrid di meja hijau dan memutuskan untuk bertahan.

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini