Sukses

Hormati Keputusan AFC, PSSI: Timnas U-19 Ubah Program Latihan

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menghormati keputusan Asosasi Sepak Bola Asia (AFC) yang menunda gelaran Piala AFC U-16 dan U-19 karena pandemi Covid-19. Selanjutnya dia menginstruksikan manajer pelatih Shin Tae-yong untuk menyesuaikan persiapan.

“PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U-16 dan U-19. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia,” kata Mochamad Iriawan dilansir situs resmi federasi.

Piala AFC U-16 akan berlangsung pada pada tanggal 25 November hingga 12 Desember 2020 di Bahrain. Sementara Piala AFC U-19 bergulir 14 hingga 31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Sebagai salah satu partisipan, Timnas Indonesia sudah menggelar pemusatan latihan (TC) menyambut turnamen. Timnas U-19 bahkan dikirim ke Kroasia. Rencananya David Maulana dan kawan-kawan bakal langsung ke Uzbekistan setelah menjalani TC di sana.

Kini besar kemungkinan Timnas U-19 melanjutkan latihan di negara lain. Mochamad Iriawan menyatakan timnas U-19 selanjutnya pergi ke Turki.

“TC dilanjutkan Turki pada Oktober mendatang. Selain itu, kami ada alternatif TC di Spanyol atau Portugal. Saat ini kami sudah mendapat persetujuan dari Federasi Turki untuk melanjutkan TC di sana," tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut. 

2 dari 4 halaman

Keputusan AFC

AFC mengadakan rapat virtual, Kamis (9/9/2020) WIB, dan mengambil keputusan penundaan Piala AFC U-16 dan U-19.

"Komite Eksekutif AFC memahami bahwa pandemi ini berdampak kepada kesanggupan AFC untuk menyelenggarakan kompetisinya," tulis AFC dalam situs resminya.

"Dengan pertimbangan itu dan keharusan memprioritaskan kesehatan para pemain muda, Piala AFC U-16 dan U-19 yang akan berlangsung di Bahrain dan Uzbekistan ditunda hingga awal 2021," tulisnya lagi.

3 dari 4 halaman

Turnamen Mini

Garuda Muda saat ini tengah berada di Kroasia. Tim asuhan Shin Tae-yong tengah mengikuti turnamen mini yang juga diikuti Bulgaria, Arab Saudi, dan Kroasia selaku tuan rumah.

Pada laga perdana, timnas Indonesia U-19 takluk dari Bulgaria 0-3. Timnas Indonesia U-19 kembali kalah telak 1-7 dari Kroasia pada laga kedua.

Timnas Indonesia U-19 masih harus menghadapi Arab Saudi pada laga terakhir, Jumat (11/9/2020) WIB. Selepas itu, mereka masih akan bertahan di Kroasia untuk melakoni beberapa laga ujicoba.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Timnas U-19 Berikut Ini