Sukses

Manchester City Boleh Tampil di Liga Champions, Mourinho: Memalukan

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, terusik dengan keputusan pengadilan arbitrase olahrga dunia (CAS) yang mengizinkan Manchester City tetap bermain di Liga Champions musim depan.

Seperti diketahui, Manchester City akhirnya bisa bernapas lega. CAS mengabulkan permohonan banding mereka atas hukuman yang dijatuhkan UEFA kepada mereka sebelumnya. Dalam keputusan yang diterbitkan, Senin kemarin, CAS menyatakan Manchester City tidak bersalah atas kasus itu. 

Dalam pernyataan resminya, CAS kemudian menyampaikan City tetap tampil di Liga Champions musim depan. CAS juga mengurangi denda City dari 25 juta pound sterling menjadi 8 pound sterling. 

Mourinho yang tengah mepersiapkan timnya menghadapi laga lanjutan Liga Inggris melawan Newcastle United dini hari nanti, justru merasa janggal dengan keputusan itu. Sebab menurutnya, bila City benar-benar tidak melanggar Financial Fair Play, kenapa denda tetap berlaku kepada The Citizens. 

"Mengenai keputusan ini, bagi saya bagaimanapun juga itu adalah keputusan memalukan," kata Mourinho seperti dilansir Metro.co.uk. 

"Sebab kalau Mancheter City tidak bersalah dan masih didenda jutaan pound sterling, keputusan itu menurutku adalah aib," ujar mantan pelatih Chelsea dan Real Madrid itu menambahkan. 

 

2 dari 3 halaman

Keputusan Memalukan

Bagi Mourinho, bila City memang tidak bersalah, harusnya CAS tidak menjatuhkan hukuman apapun. Sebaliknya, bila memang ditemukan kesalahan maka City harus dilarang tampil di Liga Champions.  

"Jadi ini memang keputusan yang memalukan, benar-benar malapetaka," kata Mourinho.

"Saya tidak katakan Manchester City bersalah. Yang saya maksud, kalau anda tidak bersalah Anda tidak perlu membayar apapun, anda tidak dihukum. Bahkan hanya beberapa pound saja."

 

3 dari 3 halaman

Kiprah Tottenham Hotspur

Keputusan CAS mengabulkan permohonan banding Manchester City memang telah berimbas kepada persaingan menuju pentas Eropa depan. Empat tim teratas kini akan mewakili Premier League di ajang Liga Champions musim depan. Sementara 2 tim di bawahnya berebut tempat ke Europa League. 

Tottenham Hotspur sampai saat ini masih berada di peringkat ke-8 klasemen sementara dengan 52 poin. Peluang untuk melaju ke kompetisi kelas dua di Eropa itu masih terbuka untuk Spurs. Hanya sajaTottenham tidak boleh lagi terpeleset di markas Newcastle United malam ini.