Sukses

Riko Simanjuntak: Lebih Enak Bikin Assist daripada Cetak Gol

Liputan6.com, Jakarta - Winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, mengaku lebih suka untuk menyumbangkan assist di lapangan daripada mencetak gol.

"Saya lebih suka membuat assist. Ada kepuasan tersendiri saat melihat umpan menjadi gol. Gol terjadi karena operan yang bagus," ujar Riko Simanjuntak, dikutip dari laman resmi Persija.

Apalagi, dia melanjutkan, dirinya bermain di sisi sayap yang tugas utamanya memberikan umpan silang kepada penyerang.

"Prioritas tugas pemain sayap adalah memberikan crossing' untuk mempermudah teman-teman Persija mencetak gol," tutur Riko Simanjuntak yang lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara tersebut.

2 dari 3 halaman

Selalu Nomor 1

Sejak kedatangannya ke Persija pada tahun 2018, Riko Simanjuntak selalu menjadi pencatat assist terbanyak untuk skuat Macan Kemayoran di Liga 1. Pada musim pertamanya, Riko menciptakan sembilan assist untuk membantu Persija juara Liga 1 Indonesia 2018.

Lalu tahun berikutnya, pesepak bola berusia 28 tahun itu membuat tujuh assist. Dan di Liga 1 musim 2020, dia sudah membuat dua assist dari dua pertandingan. Sayangnya, Riko belum bisa menambah assist-nya di tahun 2020 karena Liga 1 dan 2 diliburkan sementara akibat pandemi penyakit virus corona (COVID-19) sejak Maret.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada kepastian soal apakah kompetisi sepak bola nasional dilanjutkan atau dihentikan.

3 dari 3 halaman

Klasemen Shopee Liga 1