Sukses

6 Tips Buat Pengendara Motor Jaga Imunitas di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Jakarta Berbagai cara bisa dilakukan untuk menangkal virus corona SARS-CoV-2. Satu di antara upayanya ialah dengan mempunyai imunitas yang tinggi.

Sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan sel-sel yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus dari luar. Setiap orang pastinya memiliki imunitas tubuh yang berbeda-beda, ada yang kuat dan ada pula yang rendah.

Dengan memiliki sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh tinggi, Anda bisa terjaga dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk terhindar dari terjangkiti virus corona penyebab COVID-19.

Gejala-gejala corona diketahui hampir sama dengan penyakit flu biasa. Hal tersebut yang membuat banyak masyarakat kerap bingung.

Maka dari itu, masyarakat diminta tetap waspada dengan cara mencegahnya. Satu di antara yang banyak digiatkan ialah physical distancing atau menjaga jarak fisik.

Pemerintah Indonesia mengimbau masyarakat Indonesia supaya melakukan aktivitas di rumah. Beberapa sekolah untuk sementara diliburkan dan perusahaan mempersilakan pegawainya bekerja dari rumah.

Namun, ada beberapa yang harus bekerja keluar rumah, seperti ojek online. 

Di sisi lain, bagi para pengendara motor yang tetap harus beraktivitas di tengah pandemi virus corona pastinya harus tetap menjaga kekebalan tubuh sebagai upaya mencegah terpapar virus corona.

Berikut ini Bola.com merangkumnya dari berbagai sumber, enam tips menjaga imunitas bagi pemotor di tengah pandemi virus corona SARS-CoV-2.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Menjaga Imunitas Bagi Para Pengendara Motor

1. Pola tidur

Dengan istirahat cukup, tubuh akan beristirahat dan membiarkan sistem imunitas bekerja dengan lebih efektif. Anda sebaiknya tidur 6-8 jam per hari.

2. Makanan bergizi dan vitamin

Pastikan makanan yang Anda konsumsi bergizi seimbang. Jika perlu konsumsi suplemen vitamin atau minuman herbal.

Jadi, sebisa mungkin mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan zinc.

3. Rajin cuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan cairan pencuci tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Hal tersebut sangat penting dilakukan, terutama setelah bepergian dari tempat umum. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

4. Mandi air dingin

Air dingin diketahui bisa membangunkan syaraf-syaraf yang membuat aliran darah lancar. Hal tersebut yang konon bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat.

 

3 dari 3 halaman

Bawa Jas Hujan

5. Olahraga

Lakukan olahraga secara teratur untuk menjaga sistem imun. Tidak perlu olahraga dengan intensitas yang berat, cukup yang ringan-ringan saja.

Jenis-jenis olahraga yang mungkin bisa dilakukan seperti lompat tali, push up, squat, dan yoga

6. Bawa jas hujan

Saat bepergian, jangan lupa selalu membawa jas hujan karena saat ini masih sering terjadi hujan.

Jadim selalu siapkan jas hujan di bagasi motor untuk jaga-jaga apabila terjadi hujan.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.com (penulis,Faozan Tri Nugroho/editor Aning Jati, published 8/4/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Mesut Ozil Tolak Pemotongan Gaji di Arsenal