Sukses

Bocah 10 Tahun Taklukkan Tebing 900 Meter El Capitan

Liputan6.com, Jakarta - Bocah berusia 10 tahun Selah Schneiter menorehkan sejarah dalam dunia panjat tebing dengan menjadi manusia termuda yang sukses menaklukkan El Capitan di Taman Nasional Yosemite.

Bersama sang ayah Mike dan teman keluarga Mark Regier, Schneiter memanjat tebing setinggi 900 meter selama lima hari. Dia merayakan keberhasilannya pada 12 Juni dengan menyantap piza.

"Sungguh saya tak menyangka berhasil melakukannya," kata Selah dalam video yang mengabadikan capaiannya ketika menyentuh puncak tebing granit El Capitan.

Mike Schneiter menceritakan, putrinya sempat syok usai mencapai puncak dan menangis. "Dia mengaku itu adalah air mata bahagia pertamanya," kata sang ayah.

"Kami kelelahan setelah mendaki selama lima hari dan berkemah malam itu. Namun dia kembali seperti anak kecil dan ingin memeriksa apa saja, menjelajah nyaris seperti tak terjadi apa-apa."

Panjat tebing sudah mendarah bagi keluarga Schneiter. Mike bahkan bertemu sang istri untuk pertama kali ketika memanjat El Capitan.

Rekor Selah kemungkinan tidak bertahan lama. Pasalnya, dia ingin sang adik yang masih berusia tujuh tahun mengikuti jejaknya.

2 dari 3 halaman

Free Solo

El Capitan sangat tenar di dunia panjat tebing. Pada 2017, Alex Honnold menjadi orang pertama yang memanjat tebing itu tanpa tali atau perangkat keselamatan.

Dia hanya perlu kurang dari empat jam untuk menaklukkan El Capitan. Aksinya diabadikan dan menjadi film dokumenter Free Solo yang meraih Oscar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Indonesia Rebut 5 medali di Nomor Speed pada Kejuaraan Panjat Tebing Asian Championship 2019
Artikel Selanjutnya
Indonesia Sapu Bersih Speed Relay di Asian Championship 2019