Sukses

9 Fakta Menarik Jelang Final Liga Europa Chelsea Vs Arsenal

Liputan6.com, Baku - Chelsea harus berhadapan Arsenal di final Liga Europa musim ini. Partai puncak bakal digelar di Baku, Azerbaijan pada Kamis (30/5/2019) dini hari WIB.

Ini akan menjadi laga yang mempertemukan dua klub asal Kota London, Inggris. Kedua tim juga dikenal kerap bersaing di papan atas kompetisi Liga Inggris.

Trofi Liga Europa juga bisa menjadi pengobat luka, baik untuk Chelsea maupun Arsenal. Ambisi Arsenal untuk memenangi laga final juga tak lain demi tiket ke Liga Champions musim depan.

Juara Liga Europa memang otomatis menggenggam tiket ke Liga Champions musim depan. Sementara Chelsea sudah pasti lolos karena finis peringkat empat Liga Inggris, Arsenal sendiri berada di posisi kelima.

Kedua tim dikenal memiliki sederet pemain bintang, yang membuat laga final Liga Europa semakin seru. Sebelum menyaksikan laga Chelsea kontra Arsenal, simak fakta menarik yang mengiringinya versi Opta.

2 dari 3 halaman

Fakta Menarik

1. Striker Chelsea, Olivier Giroud, akan melawan bekas klubnya, Arsenal, di final Liga Europa. Kini Giroud memimpin daftar top skorer Liga Europa bersama bomber Eintracht Frankfurt, Luka Jovic.

2. Chelsea telah menggelontorkan 32 gol di Liga Europa musim ini, lima gol lebih sedikit dari rekor yang dimiliki Porto pada Liga Europa musim 2010-2011. Arsenal sendiri telah mencetak 29 gol sejauh ini.

3. Chelsea dan Arsenal sama-sama meraih 11 kemenangan dari 14 pertandingan yang mereka lakoni di Liga Europa, sebelum mencapai final. The Blues sendiri belum pernah merasakan kekalahan di Liga Europa musim ini.

4. Arsenal berambisi juara Liga Europa demi mendapat tiket ke Liga Champions musim depan.

5. Pelatih Arsenal, Unai Emery pernah mencatatkan hat-trick gelar Liga Europa, ketika menangani klub Spanyol, Sevilla.

6. Arsenal tidak pernah menang melawan sesama tim Inggris dari enam pertemuan di kompetisi Eropa. The Gunners mencatatkan dua hasil imbang dan empat kekalahan termasuk kekalahan agregat dari Chelsea di Liga Champions 2003/2004: berimbang 1-1 lalu kalah 1-2 karena gol Wayne Bridge di Highbury.

3 dari 3 halaman

560 Gol

7. Sebelum partai final, telah tercipta 560 gol dalam 204 laga di Liga Europa musim ini. Gol di Luga Europa musim ini tercipta setiap 32 menit.

8. Ini kedua kalinya all-english final terjadi di final Liga Europa atau Piala UEFA. Sebelumnya, terjadi pada 1972 ketika Tottenham Hotspur menang agregat 3-2 atas Wolverhampton Wanderes dalam final yang berlangsung dua leg.

9. Ini ketiga kalinya di era Liga Europa, klub dari negara yang sama bertemu di partai final. Porto menundukkan Braga 1-0 di final 2011 dan Atletico Madrid menang 3-0 atas Athletic Bilbao 3-0 di final 2012.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Arsenel Melempem, Cole: Mana Suporter Yang Dulu Minta Wenger Mundur?
Artikel Selanjutnya
Hasil Lengkap Liga Europa: MU Juara Grup, Arsenal Raih Tiket 32 Besar