Sukses

Piala AFC: 10 Pemain PSM Makassar Tundukkan Kaya FC

PSM Makassar mengalahkan Kaya-Iloilo dengan skor 2-1 di Stadion Panaad, Bacolod, Rabu (17/4/2019).

Jakarta PSM Makassar sukses meraih kemenangan pada partai keempat Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, Rabu (17/4/2019). Menantang Kaya FC, tim berjulukan Pasukan Ramang itu menang dengan skor tipis, 2-1.

PSM Makassar sukses membuka keunggulan di menit ke-21. Umpan terukur dari Wiljan Pluim mampu disambut Rizky Pellu dengan sundulan yang menembus gawang Kaya-Iloilo.

Empat menit kemudian, Eero Markkanen menggandakan margin gol PSM Makassar. Berhasil memanfaatkan postur tubuhnya yang tinggi kekar saat beradu duel, bomber berdarah Finlandia ini sukses memperdaya kiper Kaya-Iloilo, Louie Michael.

Defisit dua gol, Kaya-Iloilo tersentak. Wakil Filipina ini kemudian mencoba mengurung gawang PSM. Sayang, Marwin Angeles dkk. masih mengalami kebuntuan.

Delapan menit paruh kedua dimulai, PSM terpaksa bermain dengan sepuluh orang. Tekel Abdul Rahman kepada Jordan Mintah berbuah kartu merah langsung dari wasit Mongkolchai Pechsri.

Pelanggaran itu menghasilkan tendangan bebas untuk Kaya-Iloilo. Namun, sepakan Jordan Mintah yang maju sebagai eksekutor masih dapat ditepis oleh kiper PSM, Rivky Mokodompit.

Insiden kecil terjadi di menit ke-87. Gelandang PSM, Marc Anthony Klok, ditendang oleh pemain tuan rumah, Jalsor Soriano. Untungnya, keributan tidak meluas dan wasit kembali melanjutkan pertandingan setelah memberi kartu merah kepada bek Kaya FC tersebut.

Kesempatan tuan rumah untuk memperkecil ketertinggalan lahir pada menit ke-90 setelah Hasyim Kipuw dianggap melanggar pemain tuan rumah di dalam kotak penalti. Jovin Bedic yang maju sebagi algojo berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. Kaya-Iloilo kini hanya defisit satu gol dari PSM.

Hingga laga berakhir, PSM dipastikan menang 2-1 atas Kaya FC. Tambahan tiga poin ini mengantar PSM Makassar mengkudeta KayaFC  dari puncak klasemen Grup H. Pasukan Ramang kini bercokol di posisi pertama dengan delapan poin, unggul tiga angka dari klub Filipina tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Kaya-Ililo (4-3-3): Louie Michael (k); Tyler Matas, Masanari Omura, Jalson Soriano, Shirmar Felongco (b); Alfred Osei, Marwin Angeles, Connor Tacagni (t); Jovin Bedic, Jordan Mintah, Darryl Roberts (d).

Pelatih: Noel Marcaida.

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit (k); Beny Wahyudi, Munhar, Abdul Rahmad, Taufik Hidayat; Marc Anthony Klok, Rizky Pellu, Arfan; Rahmat Syamsuddin Leo, Wiljan Pluim, Eero Markkanen.

Pelatih: Darije Kalezic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.