Sukses

MotoGP Austin: Marquez Akui Winglet Bantu Aerodinamika Motor

Marquez senang dengan penggunaan winglet pada MotoGP Austin nanti.

Liputan6.com, Texas- Marc Marquez meraih posisi kedua pada latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Austin di Circuit of The Americas (COTA), Jumat (12/4/2019). Dia terpaut 0,044 detik dari Maverick Vinales yang tampil sebagai yang tercepat.

Marquez tampak sangat menikmati hasil dan pengalamannya mengendarai Honda RC213V yang sudah pakai winglet di swingarm. Pemakaian peranti tambahan ini disetujui FIM sehingga bisa dipakai sejak MotoGP Argentina lalu.

Marquez mengatakan tambahan peranti winglet cukup membantunya meraih catatan waktu lap yang bagus di MotoGP. Peranti yang sempat jadi kontroversi itu diakuinya sangat membantu aerodinamika motor.

"Salah satu perbedaan yaitu di sisi pengereman. Ini membantu daya gravitasi, jadi ini memang soal aerodinamika tapi kami masih harus menganalisa lebih jauh," katanya seperti dikutip crash.

"Peranti ini juga ada sisi negatif, selain positifnya. Jadi kami harus pahami apa yang lebih baik dengan gaya membalap kami. Pengaruhi suhu ban? Saya tak mengeceknya. Tapi saya tak melihat ada perbedaan besar di suhu ban."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membaik

Posisi dua yang diraih Marquez di COTA sungguh aneh. Biasanya, Marquez selalu dominasi sejak FP1, kualifikasi hingga balapan.

Marquez mengindikasikan pembalap lain juga mengalami perbaikan dalam banyak hal.

"Setiap tahun pembalap lain membaik.Saya pembalap, saya bisa menguasai sebuah trek tapi pembalap lain juga membaik," ujarnya.

Marquez juga mengaku tak mungkin terus menguasai COTA yang sudah dimenanginya selama enam musim terakhir. Dia yakin ada pembalap yang bisa kalahkan dia suatu saat nanti.

"Yang paling penting itu kejuaraan. Saya tahu suatu saat akan ada pembalap yang kalahkan saya di sini, saya harus paham itu normal," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Sirkuit Berubah

Marquez mengatakan sirkuit selalu berubah setiap tahunnya. Dia mengatakan ada beberapa jalan bergelombang dan dia tahu dimana yang paling bergelombang.

"Jalan paling bergelombang ada di tikungan dua, lalu saat keluar tikungan 9 juga ada bump yang besar. Lalu tikungan terakhir yang sebelah kanan pada 16,17 dan 18 ada juga bump yang besar," ujar Marquez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.