Sukses

Ballon d'Or: Cristiano Ronaldo Kalahkan Lionel Messi

Cristiano Ronaldo sudah 15 kali masuk dalam daftar nominator Ballon d'Or, sementara Lionel Messi baru 13 kali.

Liputan6.com, Turin - France Football, baru-baru ini, telah merilis daftar 30 nominator penghargaan Ballon d'Or 2018. Dua pemenang penghargaan bergengsi dalam 10 tahun terakhir, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kembali menjadi nominator.

Ballon d'Or adalah penghargaan tertinggi serta tertua di Eropa. Penghargaan ini diberikan France Football setiap tahun sejak 1956.

Pemenang dipilih oleh 173 jurnalis di seluruh dunia, dengan satu perwakilan per negara. Sedangkan daftar nominasi disusun oleh staf editorial publikasi Perancis.

Selain Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, nominator Ballon d'Or lainnya tahun ini adalah Sergio Aguero, Alisson Becker, Gareth Bale, Karim Benzema, Edinson Cavani, Thibaut Courtois, Kevin De Bruyne, Roberto Firmino, Diego Godin, Antoine Griezmann, dan Eden Hazard.

Nominator lainnya Isco, Harry Kane, N'golo Kante, Hugo Lloris, Mario Mandzukic, Sadio Mane, Marcelo, Kylian Mbappe, Luka Modric, Neymar, Jan Oblak, Paul Pogba, Ivan Rakitic, Sergio Ramos, Mohamed Salah, Luis Suarez, dan Raphael Varane.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ronaldo Ungguli Messi

Saat France Football mengumumkan daftar 30 nominator Ballon d'Or 2018, Cristiano Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang telah dinominasikan untuk penghargaan itu sebanyak 15 kali (antara 2004 dan 2018). Ini merupakan rekor tertinggi.

Ronaldo mengungguli Lionel Messi. Bintang timnas Argentina dan Barcelona itu berada di posisi kedua dengan dinominasikan sebanyak 13 kali (antara 2006 dan 2018).

3 dari 3 halaman

Pemenang Baru

Pemenang Ballon d'Or akan diumumkan di Paris, Prancis, 3 Desember mendatang. Apakah Messi atau Ronaldo yang bakal memenangkan penghargaan itu untuk kali keenam dan menjadi rekor baru?

Tapi, nominator edisi kali ini memiliki sejumlah favorit. Luka Modrid, Mohamed Salah, dan Kylian M'bappe adalah nominator yang bisa mematahkan dominasi Messi dan Ronaldo dalam 10 tahun terakhir.

Modric, misalnya. Gelandang timnas Kroasia dan Real Madrid itu baru saja memenangkan penghargaan Pemain Terbaik UEFA dan FIFA 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini