Sukses

Top 10 Berita Bola: 4 Alumni Barcelona Jadi Pelatih Kelas Dunia

Barcelona tak hanya menghasilkan pemain hebat, tapi juga pelatih kelas dunia.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona tidak hanya menghasilkan pemain-pemain hebat. Bahkan, alumni tim Katalan ini ada yang menjadi pelatih kelas dunia.

Untuk level pemain, Barcelona melahirkan pemain-pemain hebat seperti Lionel Messi, Carles Puyol, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan lainnya.

Untuk level pelatih, Pep Guardiola bisa dibilang pelatih tersukses lulusan Barcelona. Tidak hanya ketika melatih Barcelona, tangan dinginnya juga memberi kesuksesan kepada Bayern Munchen.

Berita tentang 4 alumni Barcelona yang sukses menjadi pelatih kelas dunia menarik perhatian pembaca kanal bola Liputan6.com pada Kamis (29/3/2018). Berikut daftar lengkap top 10.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 4 Alumni Barcelona yang Sukses Jadi Pelatih Kelas Dunia

Barcelona memiliki sejarah panjang di pentas sepak bola Eropa. Mereka pernah dan tengah diperkuat para pemain kelas dunia, yang bahkan beberapa di antaranya kini sukses menjadi pelatih berkelas.

Setelah pensiun, beberapa ikon Barcelona melanjutkan karier di dunia kepelatihan dan memberikan pengaruh yang besar. Tak semua dari nama-nama tersebut akhirnya tangani Barcelona, tapi beberapa sukses dengan tim lain.

Frank de Boer, contohnya. Ia adalah salah satu dari banyak mantan pemain Barcelona yang menjadi pelatih. Frank bergabung dengan Barcelona saat ditransfer dari Ajax pada 1999 lalu.

Selain Frank, ada empat legenda Barcelona lainnya yang sukses menjadi pelatih berkelas. Baca selengkapnya di sini. 

3 dari 4 halaman

Berita Populer Lainnya

2. Egy Maulana Dikritik, Indra Sjafri Melakukan Pembelaan

Indra Sjafri membela Egy Maulana Vikri yang dinilai tampil jelek ketika Timnas Indonesia U-19 takluk 1-4 dari Jepang U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (25/2/2018) lalu. Egy dianggap gagal menunjukkan performa maksimal di laga itu.

Sepanjang laga, pemain anyar Lechia Gdansk itu sulit mengembangkan permainan dan beberapa kali keliru dalam mengumpan.Bek Jepang U-19 Mitsuki Saito menilai sosok kelahiran Medan itu tampil buruk.

"Saya menilai itu bukan permainan Egy yang sebenarnya. Penyebabnya mungkin ada beberapa arahan dari pelatih baru yang belum bisa dimaksimalkan oleh Egy," kata Indra Sjafri. Baca selengkapnya di sini.

3. PSSI Soroti Dugaan Penghinaan Suporter Persib oleh Pemain Persija

PSSI menanggapi secara serius video viral berisi pelecehan terhadap suporter Persib Bandung yang melibatkan pemain Persija Jakarta. Komisi Disiplin (Komdis) PSSI rencananya turun tangan menyikapi hal tersebut. "Ini menjadi case (kasus) yang patut ditindak lanjuti oleh Komisi Disiplin, " kata Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono di Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Joko menambahkan, pada era digital, tugas PSSI dan operator liga bertambah. Pasalnya, mereka tidak hanya harus memantau aktivitas pemain di lapangan, melainkan di media sosial.

"Ini harus kita pantau dan kawal bersama. Siapa pun pelaku sepak bola, ini menjadi case yang patut ditindaklanjuti, " ujarnya. Baca selengkapnya di sini. 

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap Top 10

4. Ada Filipina, Ini Daftar 24 Kontestan Piala Asia 2019

5. Pujian Bos Yamaha untuk Valentino Rossi

6. Pendukung Persib Kecewa Video Hinaan Oknum Pemain Persija

7. Spanyol Bantai Argentina, Costa Malah Puji Messi

8. Liverpool Harus Bajak Donnarumma

9. Jadwal Liga Inggris Pekan Ini: Sengit Derby London

10. Lupakan PS Tira, Persib Bidik 3 Angka di Markas Sriwijaya FC

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.